Ujian dibawa pulang ke rumah

Ujian kok dibawa pulang? Iya, istilah gaulnya sih take home test. Semenjak kuliah DIV, udah beberapa kali sebenarnya saya menjalani ujian model begini. Biasanya disuruh buat karya tulis dengan topik yang udah ditentukan. Terdengar gampang? Gampang-gampang susah sih. Take home test saya yang pertama bisa dibilang mission impossible. Disuruh buat makalah 10.000 kata dalam waktu semalam. Jadinya ya begadang, cuma tidur setengah jam (malah temen saya ada yang sampai ga tidur), itupun ga memenuhi target 10.000 kata.

Take home test berikutnya lebih manusiawi. Tapi tetep aja sih kalau disuruh milih saya lebih senang suruh ujian biasa aja. hehehe. Soalnya saya kan ga terlalu pintar kalau suruh nulis yang ilmiah2 gitu. Suka bingung ngatur kata dalam bahasa Indonesia baku, belum lagi alur pikir saya kan loncat-loncat, sementara nulis karya ilmiah kan harus sistematis.

Semester 9 ini, ada dua mata kuliah yang ujiannya “dibawa pulang”. Mata kuliah Seminar Keuangan Publik, disuruh nulis jurnal ilmiah, yang mana sampai sekarang belum juga saya ketikkan 1 kata pun. Dari dua hari lalu cuma browsing cari ide, dan belum semua dibaca materinya. Sampai sekarang pun masih galau mau nulis apa. Harusnya dikumpulin besok, tapi diundur bisa dikumpul Jumat. Kebiasaan buruk yang belum bisa ilang, baru semangat ngerjain kalau udah kepepet. Belum kapok juga tugas ga selesai dan sampai sakit gara-gara begadang.

Satu lagi mata kuliah metode penelitian. Disuruh bikin miniskripsi, semacam skripsi tapi pakai data bodoh-bodohan. Harusnya sih udah dicicil dari dua minggu lalu. Tapi ya itu tadi, kalau belum mepet kok ga semangat ngerjainnya.

Maka dari itu, saya lebih suka ujian secara normal aja. Kalau dibawa pulang adanya malah nunda-nunda ngerjainnya, dan ujung-ujungnya ga maksimal. Tapi ya berhubung udah ketentuannya begitu, yuk mari mulai dicicil deh ya ngerjainnya 😀 Pemanasan dulu dengan posting di blog 🙂

Dan kalau dipikir-pikir, bentar lagi udah ga kuliah lagi. Tinggal garap skripsi lalu insyaAllah lulus dan kembali mengabdi pada negara. Pasti ntar kalau dah kerja saya kangen ama saat-saat kuliah, begadang ngerjain tugas, gegoleran nyari inspirasi ide buat bikin jurnal. Ya, saya pasti rindu banget. Apalagi bentar lagi tuan suamih gantian tugas belajar. Pasti saya ngiri ngeliat beliau sibuk ngerjain tugas kuliah.

Ah, semoga saya (dan tuan suamih) masih diberi kesempatan ngerasain bangku kuliah lagi. Semoga bisa lanjut S2. Semoga bisa dapat beasiswa kuliah di Australia. Semoga bisa menghasilkan karya yang berguna bagi ilmu pengetahuan. Aamiin. 😀

8 pemikiran pada “Ujian dibawa pulang ke rumah

  1. Semangat Mel!! 🙂

    Ujian yg bermacam-macam jenisnya gini menurutku justru bagus kok; jadi kan nggak monoton gitu, hehe 😀 . Aku juga pernh ikut MK yg ujiannya take home test, hehehe 🙂 .

  2. Semangaaat Meeeeeel. Emang kalo kebiasaan kepepet susah mau ngerjain awal. Hehehehe. Sama juga soalnya
    tapi kalo gw selalu nyoba mikirin gini:”kalo bisa selesai sekarang besok gw bisa nyantai sementara temen yang lain masih ribet. Pasti enak tuh.”
    Jadi semangat deh. Huehehe

  3. gw juga sering nih take home test, dan kalo boleh milih lebih suka ujian yg dikelas aja sih hehehe
    kalo take home bawaanya males2an bener, malah kadang ngerjainnya sambil nonton DVD hahaha
    semangat yah Mel, moga berhasil semua ujian2nya ^___^

  4. Semangat yaaa…semoga ujiannya lulus!

    Memang take home test ini tantangannya beda, udah gitu biasanya penilaiannya juga standarnya beda..suka ditinggiin tuh standarnya sama dosen, dengan alasan…kan udah enak, dikasih ngerjain di rumah..hihihihi

  5. udah lamaa banget nggak ngerasain ujian, tugas-tugas dll tentang kuliah hehe.. semangat mel, semoga cita-cita buat kuliah di Australia tercapai.. aamiin..

    Btw, apa kabar Mel? lama tak jumpa ya hehe

Anda Komentar, Saya Senang

