Nasi Kuning dan Perkedel

Akhirnya hari rabu kemarin saya kembali ke Baubau, menyelesaikan sebulan kewajiban kerja sebelum kembali kuliah di jurangmangu, meninggalkan tuan suami untuk sementara.

Sebenernya mau posting ini sejak dari masih di Jakarta, tapi malah keasikan nonton tivi dan tidur di kasur baru., hahaha. Habisnya seharian kan sendirian di kosan, palingan cuma nyapu, ngepel (kalau lagi ga males), nyuci, jemur, ama lipat baju. Kalau lagi rajin sih bereksperimen masak. Itupun biasanya sore, menjelang tuan suami pulang. Soalnya kalau masalah sarapan, beliau lebih suka bawa bekal roti, saya tawarin bawa nasi ga mau, ribet bawanya kata beliau. Jadi ya mau masak yang heboh-heboh gitu jadi agak males juga sih, selain karena masih terbatas peralatan dan bahan masakannya, tuan suami juga lebih banyak makan di luar.

Dari sekian makanan yang saya masak, ada 2 hasil percobaan yang cukup pede saya posting.

Masak Nasi Kuning dengan Rice Cooker/ Magic Com

Kemarin itu saya beli paket bumbu di supermarket, niatnya mau cari temu kunci dan lengkuas, eh ternyata banyakan kunyit isinya. Terus setelah mikir-mikir mau masak apa yang pake bumbu kunyit, saya cari resep-resep di internet dan akhirnya dapat resep masak nasi kuning dengan rice cooker, sekalian nyoba magic com baru nih ceritanya.

Dengan sedikit modifikasi, saya pakai bahan yang ada aja (males keluar buat beli bahan lainnya), dan saya sesuaikan takarannya karena kami cuma berdua, jadi masak 2 cup beras aja cukup (resep asli pake 1 liter beras), dan beginilah caranya.

Bahan:

  • 2 cup beras (cuci bersih lalu tiriskan)
  • santan (saya pakai santan instan 65 ml)
  • 1 ruas/5 cm kunyit (bisa juga pake kunyit bubuk)
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • garam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 1 lembar daun jerut purut/ daun salam (saya sih pake dua2nya, kebetulan ada stoknya. hehehe)

Cara Memasak:

  1. haluskan kunyit, bw. merah, dan bw. putih (karena belum ada ulekan saya parut aja deh). Kasih 1 cup air hangat. Aduk sampe tercampur, lalu saring. Campurkan ama beras
  2. Tambahkan santan.
  3. Tambahkan air   sesuai selera. (kalau beras yang saya pakai sih, paling sip perbandingan beras dan airnya 2:3)
  4. Tambah garam sesuai selera
  5. Aduk rata berasnya hingga semua bahan tercampur. Tambahkan serai dan daun jerut purut/daun salam.
  6. Masukkan beras,dkk. ke magic com/rice cooker. Masak.
  7. Pas setengah matang, baiknya diaduk lagi biar nyampur.
  8. Kalau udah matang tunggu beberapa menit, lalu siap disajikan

Gampang kan ya? Ya iyalah, wong saya aja bisa bikinnya, berarti ya gampang banget. Soal rasa, lumayan lah kata saya. Tapi kalau dibandingin ama nasi kuning yang dimasak pake dandang kalah gurih dan wangi menurut saya. Atau mungkin resepnya aja yang kurang pas ya? hehehe.

Kalau mau sih bisa juga ditambah kaldu bubuk. Tapi berhubung saya lagi dalam misi mengurangi MSG jadi ya ga pake deh. (padahal tetep aja ngemil chita*o)

Perkedel Kornet

Bahan:

  • 3 buah kentang ukuran sedang (kupas bersih)
  • kornet sapi kalengan (sesuai selera)
  • 1 butir telur
  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • merica
  • garam (bisa diganti kaldu bubuk kalau suka)
  • Keju (bila suka)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Memasak:

  1. potong-potong kentangnya (kurang lebih tebal 1 cm) goreng hingga empuk
  2. haluskan kentang, bawang merah, bawang putih, merica, garam (berhubung g ada ulekan jadi saya blender)
  3. campur hingga rata ama kornet. Bisa juga ditambahkan kuning telur. Tapi kemarin karena teksturnya dah cukup lembek ga saya tambahkan
  4. bentuk bola-bola terus pipihkan, karena lagi iseng saya kasih potongan keju di dalamnya. (nyomot stok keju singlenya tuan suami)
  5. cemplungin ke telur. Lalu goreng hingga kekuningan,.

Jadi deh perkedel kornetnya. Keliatan ya kalau saya suka ngasal kalau masak, hobi banget nyampur2 bahan seenaknya.. Tapi kemarin rasanya lumayan lhoo. Boleh dicoba, boleh tidak. Tapi kalau rasanya aneh jangan salahkan saya.

NB: foto nyusul deh, belum dipindahin, hehehe 😛

Iklan

24 pemikiran pada “Nasi Kuning dan Perkedel

  1. Mel, nyuci perkakas masak bekas kunyit gampang ga sih? ato pasti kesisa kuning2 gitu? aku pingin nyoba masak nasi kuniiiing.. 😀

    • kalau aku sih kemarin ga susah mbak be,, cuma kucuci 2 kali buat ngilangin baunya dari panci magic com..
      yg agak susah sih di parutan ama saringannya.
      oh iya, ama spon-nya aku taruh di air mengalir agak lama, soalnya bekas kuningnya jadi nempel disponnya..

  2. Menyesal buka posting ini jam 11:30 malam. Jadi lapaarr!! Hahahaha 😆 .

    Btw, kapan-kapan aku juga pengen nyoba bikin nasi kuning nih. Kalau nasi uduk (nasi gurih maksudnya) sih udah pernah dan memang nggak ribet sih. Kalau nasi kuning kan gampangnya tinggal tambahin kunyit aja kan ya?? hehehe 😀

    • aku malah lagi penasaran mau masak nasi uduk.. tapi belum nemu resep yang pas (cari yang gampang sih)
      boleh dong bagi resepnya kak

Anda Komentar, Saya Senang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s