Candu: Mangascan

Sejak dulu kala saya emang hobinya baca, apa ajaaaa di baca, eh ngga ding ga apa aja, saya males baca buku pelajaran :P. Novel, koran, majalah, tabloid, komik, sampe bungkus kacang pun saya baca. Genrenya ga terbatas, semua dilahap. Kalau udah bagus banget cerita/tulisannya bisa kayak orang kecanduan, ga bisa lepas, pokoknya pingin segera ditamatin.

Pas tahun pertama kuliah di STAN, kebetulan mbak kos saya itu suka banget segala sesuatu yang berhubungan sama Jepang. Koleksi komik, anime, dan doramanya banyak banget. Dan juga mangascan, alias komik-komik yang terbit dalam softcopy, berbentuk file *jpg, *png atau ektensi lainnya yang bisa dibaca dalam komputer/ media reader. Dan akhirnya saya bisa dapat ‘bacaan’ melimpah ruah dan gratis, surga dunia.

Baca mangascan ini banyak banget keuntungannya, selain gratis *karena tinggal copy paste*, mangascan lebih up to date ceritanya, ga perlu nunggu komiknya terbit di Indonesia (yang bisa makan waktu beberapa bulan), dan bener-bener ngasah kemampuan bahasa enggris saya (karena biasanya versi bahasa inggris). Saya yang biasanya ga terlalu suka cerita berseri karena males ngikutinnya langsung berubah pikiran, dengan mangascan tidak perlu repot-repot beli/cari pinjaman komiknya, dengan kata lain gratis, cuma modal flashdisk sama komputer. Yihaaa~ bener-bener surga dunia.

Koleksi saya pun banyak waktu itu, naruto-one piece- eye shield 21- fullmetal alchemist- kurozakuro-monster-20th century boys, dll, dsb, dst. Entah berapa judul. Saya kecanduan mangascan, rata-rata sih manga cowok, ga tau kenapa saya kurang suka manga-manga cewek macam cardcaptor sakura dll.

Sampai akhirnya komputer saya rusak total, hilang sudah koleksi berharga saya itu. Dan berhubung mbak kos saya pun sudah lulus, terputus juga jaringan koneksi saya dengan sumber mangascan itu. *nangis darah*

Waktu punya laptop pertama kali, saya mulai mengais-ngais sebanyak mungkin mangascan yang bisa saya dapatkan untuk kemudian laptop ikut rusak dan hilang. Huaaa.. akhirnya saya menyerah. Kesibukan tugas akhir, dilanjut magang dan penempatan menjauhkan saya dengan surga dunia ituuuu #lebay.

Sampai kemudian beberapa bulan lalu saya nemu link download beberapa manga yang saya suka lengkap dari volume awal sampe akhir. Lalu mantan pacar suami saya yang ganteng dan baik hatinya mengunduhkannya untuk saya. Manga tersebut udah pernah saya baca siih, tapi kangen rasanya dan saya baca ulang. Saya kecanduan lagi. Lalu sembuh lagi karena mesti nyiapin pernikahan.

Kemarin teman saya pun bawa oleh-oleh manga banyak sekaliii. Saya copy, saya baca, dan sukses kecanduan lagi, sukses jatuh cinta sama tokoh-tokohnya lagi, sukses bikin galau saya lenyap tak berbekas..

Minggu kemarin baru aja menuntaskan (lagi) Fullmetal alchemist. Sukaaaa, suka banget ceritanya. Sampe nangis-nangis dibacanya. Entah kenapa baca mangascan yang bagus bisa bikin saya lebih mudah tersentuh dari nonton film. Seriusan saya sampe nangis sesenggukan kalau udah hanyut dalam cerita mangascan yang saya baca.. Bahkan saya sampe mengidolakan ama beberapa tokoh tertentu, udah seolah-olah mereka itu nyata gitu. (good thing for my husband tentunyaaah, pria-pria yang perlu dia cemburuin semuanya ga nyata, yang itu artinya bukan masalah buat dia)

Minggu ini lagi mau baca ulang Eyeshield 21, lalu mungkin kejar ceritanya naruto dan one piece, yang mana saya udah ketinggalan banyaaaaak banget, hampir 3 tahun ga update booo.

Tapi kayaknya harus mulai ngerem nih, bisa-bisa saya lupa waktu keasikan baca mangascan. Sekarang aja mata udah kayak baby panda karena suka baca mangascan sampe lewat tengah malam. Selain itu kerjaannya cuma mau mantengin laptop, males keluar, bahkan nonton TV pun males. Alhasil TV yang baru berumur beberapa bulan itu jadi teronggok tak tersentuh, cuma seminggu dua kali buat nonton Masterchef.. hehehe. Buku-buku yang baru dibeli juga masih belum dilanjut. Bahkan pas giliran ditelpon sama suami pun saya seringnya bengong ga fokus karena mata dan otak lagi baca mangascan..

Yap,, segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik. Mari membagi waktu dengan benar.

PS: dicari mangascan/ link download mangascan kurozakuro, hunter x hunter, pluto (by urasawa naoki), dan sejenisnya.

Parade cowok-cowok keren
(ada yang tahu siapa saja mereka?)

Iklan

43 pemikiran pada “Candu: Mangascan

  1. mana cowo keren mel? yg keliatan punggungnya itu? eaaaa…

    samaaa.. aku juga suka nonton masterchef.
    *salah fokus*
    habis aku ga tau manga2 siiih.. :p

    Suka

  2. sama mel, koleksiku ilang semua lupa juga ilangnya apa aku yang menghapus sendiri atau terhapus hahaha…
    sayang banget padahal dragon ball-ku lengkap.
    minta doooooong 😀

    Suka

  3. kalo aku baca mangascan sih kalo gak di mangahere[dot]com, onemanga[dot]com, mangaviz[dot]com….
    (sejujurnya sih dimana aja yg paling cepet nerbitin HunterXhunter :P)

    Suka

  4. Karena saya ga minat sama yang namanya Jepang jadi ya ga tahu sama sekali tentang Mangascan ini. Etapi ini kayaknya ada kata “manga”-nya ya.. Ooo itu. 😀

    Suka

  5. Aku heran lho Mel. Sebelum pindah ke Eropa dulu, aku koleksi komik manga gitu (sampai sehari sebelum pindah aja aku sempet-sempetin ke Gramedia ngecek apakah edisi terbaru udah terbit atau belum 😛 ). Tapi entah kenapa semenjak pindah ke Eropa ini hasrat untuk nyari edisi terbaru manga yang aku ikuti (yang versi online tentunya, hahaha :D) bisa hilang gitu. Apa karena aku agak malas karena versinya online ya?? Hmmm…

    Suka

  6. minta juga link nya dong, mel. selama ni biasa baca di komikfox[dot]blogspot[dot]com
    tapi cuma buat ngikutin manga kesayangan (one piece, naruto, fairy tail, d conan), emang sih ga terlalu lengkap
    kadang suka main ke tempat rental komik di pasar 😀

    Suka

  7. Aahh.. kok gak ada serial cantiknya mel.. aku gak suka komik cowok.. gambarnya jelek menurut aku.. hihihi..

    Kalau daprt mangascan semacam topeng kaca kabar2i ya mel.. aku mau baca.. kangen euy.. 😀

    Suka

  8. ya ampun penggemar manga 😀 tak mengira ada juga blogger penggemarnya hehehe
    saya masih blom bisa paham gimana itu orang2 betah mlototin monitor sambil baca komik manga on line
    seneng sih saya, mereka kan anteng, beda sama yg nge-game … keyboard sama mouse cepet rusak
    sementara pembaca manga scrolling pun pelan2 kan huehue

    Suka

  9. Mel.. http://www.mangatraders.com
    daftar jd member, trus bisa donlot deh..
    Tp jng lupa perhatiin kode di sebelah kanan msg2 chapter/volume link donlotnya. Angkanya ada 1-5 atau tulisan All, maksudnya di MT itu ada 5 kanal, 1kanal cm bs didonlot selama 1 waktu. Jd kl mo donlot sekalogus banyak, pilih kanalnya beda2.

    Btw, ntar gw sampein deh ke A*** kl lo kangen koleksinya..

    Suka

Anda Komentar, Saya Senang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s