Sekilas Tentang Jember

Assalamualaikum semuanya,, masih dalam rangka prepare pernikahan saya, kali ini saya mau kasih info tentang Jember buat temen-temen luar kota ya mau datang. Sekalian juga bagi-bagi informasi, siapa tahu suatu hari nanti teman blogger ada yang mau berwisata ataupun sekedar berkunjung ke Jember.

Salah satu info yang paling dicari tentu akses menuju Kota Terbina. Akses paling mudah menuju kota Jember adalah lewat jalur darat, karena kalau mau lewat jalur udara anda harus beli helikopter dulu, hehehe. Jalur laut? Walau beberapa wilayahnya berbatasan langsung dengan laut, namun Jember bukanlah kota pelabuhan. Jadi memang alternatif satu-satunya ya lewat jalur darat, yaitu dengan kendaraan pribadi, kereta, travel, atau bis.

  • Kendaraan Pribadi. Kalau ini tidak bisa saya jelaskan secara rinci, karena tergantung anda berangkatnya darimana, mungkin lebih lengkapnya sih tanya google map atau GPS anda.
  • Travel. Yang ini juga tidak perlu penjelasan, karena cukup anda duduk manis dalam mobil travel dan voila anda sudah sampe tujuan. Di Jember ada beberapa jaringan travel, yang paling terkenal sih Travel Warna, Joy dan Cipaganti. Tarif tentu di sesuaikan dengan kota keberangkatan anda masing-masing.
  • Bis antar kota. Jember termasuk salah satu kota yang dilewati trayek bis jurusan Surabaya-Banyuwangi, jadi kalau anda berangkat dari daerah barat nanti transit di surabaya lalu pindah bis jurusan banyuwangi via JemberΒ (karena ada yang lewat Situbondo). Kalau anda mau lanjut ke rumah saya, saya sarankan untuk melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi, tapi nanti turun di Polsek Mayang (bilang aja sama Pak Supir), dari situ anda bisa lanjut naik becak atau ojek. Atau kalau anda masih mau maen-maen di pusat kota, turun saja di terminal Tawang Alun, nanti naik Lin ke arah kota. Untuk melanjutkan perjalanan ke rumah saya anda bisa naik Lin (angkot) jurusan Terminal Pakusari (setahu saya ada Lin R, E, D).Β Dari terminal Pakusari anda bisa naik ojek (sekitar Rp10.000), atau kalau pingin nyobain naik mobil colt, turun pasar mayang habis itu lanjut naik becak. (ketahuan deh kalau rumah saya di pelosok banget)
  • Kereta Api.Ini mode transportasi paling saya rekomendasiin (emang sayanya yang suka naek kereta api sih). Stasiun di Jember itu lumayan besar jadi lumayan banyak kereta api yang melintasinya.
  • Alternatif lainnya Untuk kereta Mutiara Timur, Tawang Alun, Sri Tanjung, Pandanwangi, danProbowangi dari atau ke arah Banyuwangi, anda bisa juga turun di Stasiun Kalisat (sekitar Rp7000-10.000), dari sana naik ojek ke Kecamatan Mayang (jaraknya lebih dekat daripada Stasiun jember)

Info lain yang tak kalah penting tentunya adalah penginapan, menurut situs Kantor Pariwisata Kab. Jember terdapat beberapa penginapan yang bisa anda jadikan pilihan:

Name/Address Room Rate
HOTEL SEROJA
Jl. PB. Sudirman No. 2 Jember
Telp. ( 0331 ) 483905
26 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL TOMIHARINI
Jl. Brawijaya No. 90 – 92 Jember
Telp. ( 0331 ) 421277
50 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL PANORAMA
Jl. KH Agus Salam 28 Jember
Telp. (0331) 333666
Rp. 360.000- Rp.1.105.000
HOTEL SULAWESI
Jl. Letjen Suprapto No.44 Jember
Telp. (0331) 333555
HOTEL JEMBER INDAH
Jl. Mujahir No. 66 Jember
Telp. ( 0331 ) 487833
100 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL ARDICANDRA
Jl. Gajahmada No. 222 Jember
Telp. ( 0331 ) 484153
19 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL LESTARI
Jl. Gajahmada No. 233 Jember
Telp. ( 0331 ) 487920
33 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL MERDEKA
Jl. Sultan Agung No. 136 Jember
Telp. ( 0331 ) 487625 – 488838
28 Rp. 230.000 – Rp. 330.000
HOTEL KARTIKA
Jl. Trunojoyo No. 91 Jember
Telp. ( 0331 ) 489475
35 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
Hotel Flamboyan
Jl. Teuku Umar 78
Telp. 0331 – 326 252
Rp.130.000 – Rp. 330.000
PENGINAPAN MELATI
Jl. Gajah Mada No. 208 Rambipuji
Telp. ( 0331 ) 712963
49 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL NUSANTARA
Jl. Wijaya Kusuma No. 10 Jember
Telp. ( 0331 ) 487256
28 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL RATNA
Jl. Kartini No. 45 Jember
Telp. ( 0331 ) 487490
25 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL OLENG SIBUTONG
Jl. Teratai No. 29 Desa Biting – Kec. Arjasa
Telp. ( 0331 ) 540466 – 540033
14 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL HANDIKA
Jl. Moch. Seruji No. 244 Jember
Telp. ( 0331 ) 487546
6 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL SLAMET
Jl. Anggrek Gg. I / 2 Jember
Telp. ( 0331 ) 481335
12 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL WIDODO
Jl. Letjen Suprapto No. 26 Jember
Telp. ( 0331 ) 335164
30 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL KEMAYORAN
Jl. Letjen Suprapto No. 26 Jember
Telp. ( 0331 ) 334884
20 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL ANUGRAH
Jl. Trunojoyo Gg. V / 69 Jember
Telp. ( 0331 ) 487272
38 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL ASRI
Jl. Gatot Subroto No. 39 Jember
Telp. ( 0331 ) 425635
28 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL RIA
Jl. Untung Suropati No. 41 Jember
Telp. ( 0331 )
15 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL PUTERA – JS
Jl. Trunojoyo No. 17 Jember
Telp. ( 0331 ) 485597
10 Rp. 50.000 – Rp. 200.000
HOTEL BERINGIN INDAH
Jl. Raya Ajung – Jember
Telp. ( 0331 ) 757666 – 757432
71 Rp. 100.000 – Rp. 300.000
HOTEL CENDRAWASIH
Jl. Cendrawasih, Jember
Telp. ( 0331 ) 412222
26 Rp. 100.000 – Rp. 300.000

Yang di pusat kota, misal Hotel Seroja, Hotel Sulawesi, Hotel Merdeka, Hotel Kartika, Hotel Kartini, Hotel Ratna, Hotel Nusantara. Yang akses transportasinya bagus: Tomiharini, Ardicandra, Lestari. Yang agak pinggir tapi lumayan Hotel Cendrawasih. Harga mungkin tidak sesuai dengan yang tertera ya, πŸ™‚

Ada juga semacam cottage gitu deket rumah, Rp250.000,- 3 kamar+dapur+kamar mandi, (0331) 7227121.

Semoga membantu. Jadi berminat mengunjungi Jember.?

(Sumber: Wikipedia, Jembertourism.com)

Iklan

33 pemikiran pada “Sekilas Tentang Jember

  1. hahaha.. niat banget deh mel.
    aku cuma bisa ngomong semoga semuanya lancar.. maaf banget belum bisa maen-maen ke jember.. πŸ™‚

    • request dari kak pepih nyin,. sekaliana ja aku posting
      biar bisa bermanfaat juga buat para calon turis yang mau jalan2 ke Jember.. hehehe

  2. wuih ternyata Jember jauh juga ya Mel? kapan bisa dolan kesana ya? hahaha

    semoga lancar jaya acara nangningnongneng..gong nya Mel

  3. walau tidak kenal, mengucapkan selamat semoga lancar2 aja acara nikahannya. saya asal jember juga, tapi lagi terdampar di pinggiran jakarta. di daerah deket bu monda πŸ™‚

  4. waah kak amel, ini lengkap banget infonya… mantebh kak…
    kak amel, maaf kak, aku gak bisa dateng kak, masih libur lebaran kak di rumah… :3
    semoga acaranya lancar n sukses ya kak, bahagia selalu ya kak… πŸ˜€

  5. Mbak amel, selamat menikah yaa, semoga menjadi keluarga yang sakinah mawarda warohma, dan cepet pnya momongan πŸ˜€

    Lengkap banget petunjuk arah, hotel sampei harga2nya siep markusip mbak amel πŸ˜€

    • hahaha,.. lagi niat itu niar. takutnya nanti ga sempet jawab pertanyaan2 dari temen2,, ya udah sekalian saya biki
      Amin makasih ya niar πŸ˜€

  6. Hemmm Jember… .belum ada rencana, awal bulan depan ini rencana mau ke Bandung… ., Ane senang ada yang menikah juga… .semoga barokah… .

  7. What this signifies is that when you drink it creates a drop
    in your system. Fresh strawberries for dessert rendered
    our New Zealand winery to produce Sauvignon Blanc.
    My initial meal centered on an omelet spiced up with cilantro, celery
    seed, and chilies.

Anda Komentar, Saya Senang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s