Undangan

Kemarin saya dah janji mau aplot foto undangan kan yaaa? Hari ini saya penuhi janjinya, tapi sebelumnya mau minta maap dulu soalnya kok kemarin banyak temen-temen yang berpikiran kalau undangan saya wah banget, padahal aslinya sederhana kok ga ada foto atau gambar yang aneh-aneh. Sebelum pajang gambarnya, boleh dong ya cerita dikit.

Aslinya saya pinginnya melimpahkan tugas design undangan ini ke om genit calon suami karena netbook saya rusak kan ya, tapi sayangnya beberapa bulan terakhir ini dianya sibuk banget, ga sempet dikerjain juga. Sampe akhirnya bulan lalu (alias 2 bulan sebelum hari H) undangan ini ga dikerjain juga sama dia, terus waktu saya omelin tanyain disuruhnya minta designin sama percetakannya aja. Ih, ga mau ah ya, saya maunya undangan saya the one and only, beda gituh sama undangan lain. Terus kan kalau design sendiri rasanya kan lebih gimana gitu. Akhirnya saya ambil alih kerjaan desain-mendesain ini.

Tantangannya adalah netbook saya rusak, jadi mau ga mau saya numpang di komputer kantor pas jam istirahat dan kadang sampe lupa pulang saking asyiknya ngutek-ngutek undangan. Terus, berhubung di kantor ga ada corel saya tanya-tanya siapa yang punya installernya, eh ternyata dapatnya Adobe photoshop versi trial. Okelah ya ga papa, lagian saya juga ga jago pake corel hehehe.

Nah, karena ini baru install Adobe photoshop, otomatis ga ada vector aneh-aneh ya, jadi saya suruh calon suami donlotin terus di email ke saya, soalnya di kantor ga bisa buka link downloadnya. Begitu udah beres bingung mau design undangan macam apa, bingung nentuin pilihannya sih. Soalnya emang sejak beberapa bulan lalu saya sering iseng download gambar-gambar undangan. lucu-lucu pula designnya. Tapi akhirnya diputuskan buat bikin undangan yang bermanfaat, yaitu sekaligus kalender 2013.

Hasil design awal versi saya adalah:

design undangan

Lanjut ke cari percetakan yang cocok.

Nah, setelah design disetujui keluarga dan calon suami, saya lanjut cari-cari percetakan yang murah tapi oke. Supermama juga survey percetakan yang ada di jember, sapa tahu ada yang cocok kan lumayan hemat ongkir. Sayangnya percetakan yang di Jember pada mahal nawarin harganya, berkisar antara 4000-5000. Untungnya saya sudah dapat gambaran harga di salah satu percetakan jakarta, mereka tawarinnya cuma 2750/pcs. Tapi sayang beribu sayang, mereka ga cepat tanggap menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Padahal kan saya udah agak mendesak ya butuhnya, udah dua bulan lagi coba dong.

Untungnya saya nemuin undanganshop.com, terus iseng-iseng kirim email tanya harga. Besoknya langsung dijawab dengan harga penawaran 3000/pcs, kertas art paper 230 gram, full color, laminasi doff. Awalnya sih saya masih tunggu konfirmasi dari percetakan yang di Jakarta, tapi berhubung ga dijawab juga (sampe sekarang juga belum dijawab). Akhirnya saya putusin pesan undangannya di undanganshop.com, dengan pertimbangan lokasinya di Malang, deket lah ya sama rumah jadi ongkirnya lebih murah daripada pesen di jakarta.

Undangan pun dipesan, konsep design mahakarya saya pun dikirim lewat email. Tapi karena saya designya di photoshop, masnya bisa dibilang design ulang dari awal pake corel, hehehhe. Terus di utak-atik dikit sama masnya, kirim hasilnya ke saya, dan revisi besar-besaran. Hahaha. Emang dasarnya saya bawel sih ya, jadi banyak maunya, warnanya kurang terang lah, hurufnya kurang ini lah, backgroundnya kurang itu lah. Untung aja masnya baik ya, dia ga protes walaupun saya kirim email panjang-panjang masalah revisi. Akhirnya jadilah undangan saya:

Undangan pernikahan amela dan harfit 2Undangan pernikahan amela dan harfit 1Silahkan diklik untuk memperbesar gambar… (ga terlalu beda sih sama versi saya ya, cuma warnanya doang)

Sampe sekarang sih saya belum terima fisik undangannya, soalnya kan dikirimnya ke rumah Jember. Tapi menurut penuturan supermama sih undangannya oke. Oh ya, request dari supermama, inisial nama di bagian cover diprint pake tinta emas, jadi kena charge 250/pcs. Tapi tetep ya lebih murah daripada percetakan yang di Jember, hohoho…

Untuk pelayanannya sendiri juga oke, masnya ga banyak protes walaupun saya bawel banget minta ini-itu. Padahal komunikasinya cuma sebatas sms sama email doang, waktu itu sempat mau telpon tapi sinyalnya lagi jelek jenderal. Hahaha. Oh ya lagi, berhubung saya emang ga pinter bikin peta, jadi petanya itu murni bikinan masnya, saya cuma kasih oret-oretan aja.

Pembayarannya dua kali, separuh dibayar di muka setelah design fix dan siap cetak, sisa + ongkir dibayar kalau undangannya dah jadi dan siap kirim. Pengirimannya kemarin pake travel, kebetulan kan masih sama-sama di Jatim, ongkosnya 50.000 rupiah. Lumayan murah lah ya, daripada pake pos/jne, soalnya paketnya lumayan berat karena kertas yang dipake emang lumayan tebel. Nyampenya juga cepet, pagi dikirim, siangnya nyampe.. Yah kan jarak Malang-Jember deket ya.

Proses cetaknya diperkirakan 2-3minggu, tapi saya kan request supaya diusahakan 2minggu jadi, jadi awal puasa udah bisa dikirim-kirim. Eh ternyata ga sampe 2 minggu undangannya udah jadi dan siap kirim. Jadi seneng banget deh. Trik berdagang yang bagus nih,, menyelesaikan pesanan lebih cepat dari ekspektasi pelanggan..

Dan lagi, masnya rajin aplot proses cetaknya di facebooknya, dari mulai design awal, proses cetak, lalu proses kirim ada fotonya. Jadi walau pesennya onlen kita yakin gitu kalau undangan kita bener-bener dikerjain. Undangan dapat diunduh di: https://docs.google.com/open?id=0B4cthUO1LiE3SVJBLXBFN1BYcEU

Akhir kata, bersama postingan ini saya sekaligus mengundang para sahabat blogger ke acara pernikahan saya, (siapa tahu kan ada yang kebetulan mudik ke daerah jember dan sekitarnya dan berkenan meluangkan waktu untuk kondangan sekaligus kopdaran sama saya, jika ada yang sengaja meluangkan waktu tentu saya lebih seneng lagi).. Kalau bingung tanya arah, coba buka google map dan masukkan koordinat yang tercantum di peta lokasi, insyaAllah om google akan membantu anda menemukan rumah saya.

Salam

(Oh ya, dan kalau ada yang pingin main-main ke weddingblog saya silahkan mampir ke sini)

Iklan

76 pemikiran pada “Undangan

  1. Itu ukurannya segitu ya, Dek? Emang berapa lipatan, sik? Kok keliatannya gede. 😀

    Itu bikin petanya, mustinya gambarnya jangan dimiring-miringin gitu. Orang liat peta kan satu tatapan. Jadi biar jelas gambar masjid, sapi, dsb, satu arah datar saja. Hwehe. Kritiknya telat, yak? Maap. :p

    Di Jember, ya? Wah, 2010 aku ke Jember tuh nikahan kawan.

    • ukuran bukanya 15 x 42 cm, mas kalau dilipat jadi 15 x 17,5 cm.. itu dilipat dua kali, jadi kayak kalender duduk gitu..

      hehehe, iya ya.. kemarin aku ga ngeh sama petanya.. ga papa lah biar agak usaha orang yang liat. udah terlanjur dicetak. heheh

      iya di Jember.. Nikahannya mbak novi bukan?

  2. Cihuuuy. . .
    eheeem2, undangannya masni sekali, Mba Mel. hihihii
    Senngnya dalam hati. . . 🙂
    Jember, waduuh. . jauh ya mba dari Banjarnegara.

    Ikut bahagia Mba, lihat undangannya. 🙂

  3. ada kisah di balik koordinat hehehe, maap ya neng gak membantu menemukan kata yang kau cari hahaha
    undangannya baguuuus, pinter banget sih kamu bikinnya *cubit pipi amel*

    • tapi akhirnya kata koordinat yang kupakai cha.. makasih ya sarannya..
      makasih caca.. punyamu nanti juga pasti bagus.. kamu kan lebih jago desain2 begitu

  4. waaaahhh.. selamat amel…

    gak sangka 2 Bulan lagi udah jadi istri orang euy 😉
    sayang acaranya dijemver.. gak ada sanak family disana.. jadi kemungkinan gak bs dateng 😦

    btw disignnya bagus.. tapi harganya lumayan juga yak.. beda cuma beberapa ratus dr kaka aku kemaren tanpa ongkir.. hmmm cari referensi percetakan lain lagi berarti neh aku *eh 😆

    • iya mbak nie. kemarin karena waktunya mepet jadi ga sempet survey2 menyeluruh..
      tapi lumayan sih, soalnya ukurannya juga agak gede..

      makasih ya mbak niee. jadi penasaran sama undangannya mbak niee nih

  5. Inget dulu ngobrol soal desain-desain gini, bahkan ketika udah penempatan masi kirim link2 blog2 desain, dan sekarang mb Amel desain undangannya sendiri. Acu celhaluuuuu~ :’)

    • ayo tul.. kamu juga design sendiri, pasti lebih oke hasilnya
      dimulai dengan design undangan dulu,, sapa tahu nanti ketemu orang yang tepat buat ngisi nama mempelainya
      #eaaa

  6. Wah, udah tinggal sekitar tiga setengah minggu lagi ya Mel. Selamat ya!! 🙂

    Btw, disain undangannya oke tuh Mel 😀

  7. wah keren undangannya mel!! dan ok banget itu bagian printingnya ya. dan harganya ok juga tuh…

    moga2 semuanya lancar ya mel… sorry ya kita gak bisa dateng… coba dikirimin tiket, kita dateng deh… hehehe

  8. bintaro-jember hmm…wah padahal pengen datang. 😀

    setidaknya doa saya nyampai sana. semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah 😀

  9. alhamdulillah… smoga lancar ya mbak, dan maafkan saya juga nggak bisa datang 😀
    salam buat mas harfit dan keluarga…

  10. huaaaaah.. merah warnanya.. ^__^

    Semoga lancar sampai hari H… sayang euy ga bisa dateng.. Dikirim doa dari jauh aja ya dear.. 😀

  11. Mellaaaaaa, lama gak main sini ternyata kau sudah maju pesat menuju pernikahan yaaa. Duh, aku ikut senang. Selamat yaa. Syukurlah undangan sudah beres. Eh, setelah nikah gada rencana buka jasa design undangan kan? :mrgreen:

  12. Ameeel..with no specific reason daku terharu banget pas tau kamu mau merit. *kusek2 pala amel* kamu masih imut2 banget dah mau jadi istri orang aja,hihi.
    Undangannya cantik! *pecinta marun*
    Thanks juga info percetakannya, di bukmak dulu sampai waktuny tiba. Hehe. Godspeed mel! :*

  13. kyahhh.. so cute.. huhuhu.. >,< kapan ya saya bisa desain undangan saya sendiri.. ah.. mbak amel bikin iri aja deh (plus mupeng) ehehehe

  14. Bagus ya pelayanannya, moga terus sukses deh bisnis undangannya si mas itu, terus barakallah buat Amel, moga lancar acaranya dan jadi keluarga samara, amin.. 🙂

  15. senang baca berita baik ini, semoga segala sesuatunya dilancarkan ya Mel
    belum tau bisa datang apa engga, tapi besar kemungkinan engga bisa deh 😦
    gak tau klo tiba2 kumat napsu jalan2nya hehehe
    sing penting mah penganten jaga kesehatan yah
    biar ceria pas hari H nya 🙂

  16. aah, selamat ya mbaak 🙂 aku baru mampir dan ternyata sudah sebar undangan sajaa. senangnya 🙂 Duh, aku udah kerjaa, gak bisa bolos, aku mendoakan ya mbak, semoga mbak dilancarkan. aku ikut mendoakan yang terbaik, mbak 🙂

  17. Aloha Mellaa yang lagi deg-degan, hehehehehe…..

    Selamat Idu Fitri yaa, maaf lahir dan batin. Salam untuk calon pasangan hidup dan seluruh keluarga, uhuuuuiiii… 😀

    Semoga semua berjalan lancar ya, Say..

  18. Mel, sayang gak mudik ke Jember sekitarnya …krn mmg bkn orang sono 😛
    Selamat menempuh hidup baru ya …semoga senantiasa berbahagia. Amin!

  19. ikut berbahagia Amela….
    barokallah ya….
    saya cuma bisa doain dari sini…gak papa ya..hehe

Anda Komentar, Saya Senang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s