It’s not my dream, but it will be the way to chase my dream

Rabu, 14 Maret 2012

Semalam, baru saja saya mendapat sms dari teman saya, Tyas, bahwa SK PNS para CPNS Ditjen Perbendaharaan Wilayah Sulawesi Tenggara sudah ditanda tangani. Yap, now I am officially a civil cervant. Bersyukur banget saya, selain pemasukan bertambah (gaji akhirnya diterima 100%) udah dapat hak-hak PNS secara penuh juga saya, termasuk salah satunya ngajuin cuti menikah #eaaa. Tapi entah kenapa, bahagia saya biasa saja, ga meledak-ledak kayak waktu keterima STAN ataupun wisuda. Flat. Datar.

Sampe akhirnya pun saya mampir ke blog Tyas dan baca postingan teranyarnya: Happy Being Me. Dari pertama mengenalnya saya tahu kalau passion dia ada di bidang jurnalistik, berkali-kali ditulisnya bahwa menjadi seorang jurnalis adalah salah satu mimpinya. Dan saya? Di antara ribuan alumni dan mahasiswa STAN tentu bukan hanya Tyas dan saya yang “nyasar” ke sekolah kedinasan itu. Banyak, banyak banget yang sebelumnya ga pernah bermimpi jadi pegawai negeri dan tiba-tiba sekarang hidupnya berubah menjadi sebuah rutinitas menjemukan.

Banyak faktor yang membuat seseorang masuk STAN, mulai dari keinginan pribadi, terbatasnya biaya (dan di STAN kuliahnya gratis), ikut-ikutan teman, hingga paksaan orang tua. Saya termasuk yang mana? Entahlah, sepertinya gabungan keempat faktor di atas.

Saya pernah bermimpi kuliah di fakultas teknik, menjadi insinyur, lalu dapat pekerjaan bagus di perusahaan akhir, berkesempatan kuliah di luar negeri. Dulu saya memang sangat menyukai matematika dan ilmu alam. Sekarang? Jangan tanya!

Saya pernah juga bermimpi tidak melanjutkan kuliah, menulis saja seterusnya, menjadi seorang pencerita. Ya dulu (dan hingga sekarang) saya cinta menulis.

Saya pernah bermimpi juga menjadi aktris, membintangi film-film layar lebar, lau menulis skenario, dan sesekali pun menjajal jadi sutradara,

Saya pun pernah bermimpi jadi ibu rumah tangga, membaktikan 24 jam dalam sehari untuk keluarga, menghabiskan waktu dengan memasak, merawat anak, mengurus rumah, dan sebagainya.

Dan masih banyak mimpi saya yang lainnya.

Sekarang? Tentu saya bersyukur, sangat bersyukur malah. Di saat ribuan orang sibuk mencari kerja, saya sudah mendapat pekerjaan tetap dengan gaji yang lebih dari cukup. Saya semua ini adalah rencana Allah buat saya, dan tentu yang terbaik buat saya. Allah lebih tahu mana yang lebih baik buat saya. Dan saya yakin ini adalah salah satu jalan meraih mimpi saya.

Saya masih berkesempatan kuliah ke luar negeri, dengan beasiswa internal kantor saya mungkin. Saya masih berkesempatan menjadi menulis, hanya tinggal pandai-pandainya saya mengatur waktu. Mungkin saya tidak akan menjadi bintang film, tapi saya sudah cukup menghabiskan tiga tahun aktif di teater kampus. Saya masih punya kesempatan jadi ibu rumah tangga, full time mother and wife.

Masih banyak kesempatan. Saya yakin itu.

Dan sekarang? Nikmati dulu pekerjaannya, berusaha untuk seikhlas mungkin menjalaninya. Kerja itu ibadah kan? Masalah nanti saya akan terus berkarir sebagai PNS atau tidak itu urusan nanti, masih banyak hal yang harus dipertimbangkan. Setidaknya SK PNS saya sekarang sudah bisa dipertimbangkan untuk kredit rumah πŸ˜€

P.S: ada yang tahu video klipnya Lentera Jiwa (Nugie)? Yap, pesan di video itu kena banget di hati saya.

65 pemikiran pada “It’s not my dream, but it will be the way to chase my dream

  1. waaa, suka Mel. Memang mimpi terwujud atau tidak tergantung kita. Dan tentunya, saat mimpi tsb tidak/belum terwujud, maka rahasia Tuhan-lah yang kan berbicara di baliknya πŸ™‚

  2. Mel, selamat ya karena SK-nya sudah ditanda-tangani. Ngomong-ngomong tentang mimpi dan pekerjaan sekarang… saya pun merasakan hal yang sama lho Mel. Tapi sudahlah… Kita syukuri saja apa yang ada. Saya setuju Amela bilang bekerja itu ibadah.

    Eh, aku dulu cita-citanya malah pengin sekolah di STAN lho. Karena dulu aku sekolah di SMEA jur Akuntasi. Lulusan terbaik malah. Eh, sekarang malah gak nyambung sama profesiku.

  3. Benar sekali Mel! Syukuri apa yang sudah kita dapat hari ini, tapi tetap jangan membuang mimpi ya! πŸ™‚ Dan mimpi itu (kalau realistis sih, contoh nggak realistis: tahun depan mau pergi ke planet Saturnus buat foto-foto disana, wkakaka πŸ˜† ) juga harus dikejar, atau setidaknya kita taruh di dalam pikiran kita sebagai motivasi. Biar kehidupannya juga nggak menjemukan gitu πŸ˜› .

    Btw, selamat ya SK-nya sudah ditanda-tangani!! Btw, berarti selama ini gaji yg diterima nggak 100% gitu? Hmmm…

    • zilko gak tahu? kalau cpns itu cuma dapet gaji 80%, gak bs cuti, gak boleh ambil beasiswa, dan masih banyak gak bsnya >_<

      makanya aku nunggu banget sk pns aku keluar.. gak bs bergerak soalnya klo masih cpns mah..

  4. Mel ..judul post-mu panjang amir yakk.. mana dlm bahasa linggis lagi … 😦
    mati gaya deh saya … ikut senang aja dah SK mu akan turun πŸ˜‰
    dulu aku gak pake ngintip2 …tahu2 SK PNS turun …abis waktu itu PNS gak laris … πŸ˜€

  5. dan itu lah rencana Allah yang tak terduga, dan kita tetap bersyukur untuk menjalaninya πŸ™‚
    keren
    Never Give Up mel untuk mencapai impian-impiannya, jangan sampai terkubur dalam ntar malah abis di makan cacing πŸ˜€

  6. *peluuukkk amel*

    amel masih mending pns tk pusat.. kalau aku tingkat II lebih gimana lagi.. dulu pas lulus kuliah aku langsung disodorin harus ikut tes PNS.. padahal aku masih mau ‘menjelajah’ dan apa mau dikata pas aku berdoa jangan dulu diluluskan sementara beribu orang sampe kepanti dan tahajud buat lulus pns aku yg terpilih akhirnya.. hmmm.. menurut aku seh pasti ada rahasia Allah didalamnya πŸ™‚

  7. Kira2 ada syukuran lain ngak yach…heee selamat ya dik…ikut senang..tau ngak…mimpi saya dulu kuliah di STAN namun terpental dari ajang kompetisi heeee hal hasil nyari yang lainnya, tetap bersyukur juga, karena dengan kerjaan sekarang bisa ketemu si Amel yang ceriwis hwhwhwhwhwh

  8. Selamat ya, Say, akhirnya ngantongin SK πŸ˜€
    Berbahagialah, karena yang ngantri jadi PNS buanyak lhoo…. (aku pengen ngantri jugak tapi dah kadaluwarsa 😦 )

    Dan tak ada alasan untuk berhenti menulis kan? πŸ˜›

  9. Bersyukur jika demikian, karena sekarang kan sudah tidak ada bukaan CPNS lagi. Makanya iklan wara-wiri wirausaha ada di mana-mana :).

  10. selamat ya, Mel.. untuk semua, kombinasi yang indah,
    seindah kekagetan saya beberapa detik lalu.. ada gempa sepertinya 😦

  11. Tau bgt video klip Lentera Jiwa itu Mel, bahkan skrg lg diputer ulang di kepala, dan merasa campur aduk, antara galau, marah, sedih, sekaligus bersemangat *haiyah curcol* πŸ˜›

    Met jadi ibu PNS yaa πŸ˜‰

  12. selamat ya Mel…
    alhamdulillah, akhirnya bisa jadi pegawai negeri tetap ,aamiin

    banyak cita2 dan mimpi2 malah membuat semangat dlm menjalani hidup ya Mel… πŸ™‚
    dan…………..bunda tinggal tunggu undangan Amel dgn Om genit …
    (buruaaaann…dong) πŸ˜›
    salam

  13. selamat ya Mel, udah jadi PNS (ditunggu traktirannya *gubrak*)
    Saya pernah merasa terjebak dengan pilihan saya
    apalagi sahabat saya pernah bilang “hidup tuh ga selalu seperti yang kamu bayangkan”
    saya ngerti maksudnya, tapi seakan2 kalimat itu sangat menjatuhkan..
    serasa pilihan yang sudah saya ambil hanya akan membawa saya kesatu jalan..
    tapi kemudian sahabat saya yang lain bilang “Pada saatnya, semua akan tampak jelas melebihi apa yang menjadi angan kita saat ini”..kalimat ini yang buat saya kembali membangun impian..seperti batang pohon yang memiliki banyak cabang…
    πŸ˜‰ *jadi curhat nih*

  14. Selamat ya Mel πŸ™‚

    Anyway, video klipnya Nugie yang Lentera Jiwa bagus banget! Aku suka. Ya udah, sekarang…jalanin sebaik mungkin. Ndak ada yang sia-sia dari hal yang baik. *lap iler, sok nasehatin* πŸ˜€

  15. selamat ya Mel .. semoga mimpi yg lain juga akan segera terwujud πŸ™‚

    hrs ke you tube nih buat lihat videonya Nugie yg lentera jiwa itu πŸ™‚

  16. Selamat yaa mel ^o^
    *pfiiiuhh..selamat juga buat saya, akhirnya bisa komen di blog wp..makasih bli budiastawa atas solusi di blognya.. #mulaicurhatdeh..

    Jadi kapan nih kita2 yang di Makassar dapat cipratan traktirannya? hahahah

  17. asikkk jadi sebentar lagi akan ada undangan nih Mel?? πŸ˜€
    memang harus banyak bersyukur Mel, mimpi kan ngga harus sekaligus tercapai, yang penting ada usaha untuk bisa mencapainya πŸ™‚

  18. Selamat atas pengangkatannya…. πŸ˜€

    Banyak orang diluaran sana yang merasa bahwa pekerjaannya bukanlah impiannya… Selamat berjuang!!!

Anda Komentar, Saya Senang

