Keren dan pintar ituuuu….

Dag dig dug kembang kuncup.. Deadline Cool and Smart Blogger Giveaway udah tinggal hitungan hari, tapi belum juga dapat pangsit buat menunaikan janji saya kepada KakaAkin yang cantik. Mau pura-pura lupa kagak enak, kemarin pas yang Giveaway Sarung-sarungan kemarin saya beneran lupa, masak mengulang kesalahan lagi.

Saya pun berkunjung ke sana-kemari mencari inspirasi, ngintipin definisi keren dan pintar menurut blogger lain. Adanya nyali saya malah mengkeret gara-gara saingannya keren-keren dan pintar-pintar. Oke, pura-pura belum baca tulisan para saingan, saya mencoba mendefinisikan kata keren dan pintar versi saya… *pasang iket kepala*

Cool n smart, keren dan pintar, merupakan kata sifat. Dan seperti kata sifat lainnya, ga ada tolak ukur yang pasti, ga ada sistem penilaian yang eksak. Keren dan pintar itu relatif, tergantung siapa yang menilai dan apa yang dinilai. Buat saya sendiri aja, saya mendefinisikan kata keren pun berubah-rubah, tergantung situasi dan kondisi.

Misal:

  • Saat saya menonton film horror di bioskop, melihat adegan berdarah-darah yang terlihat nyata banget, dengan warna darah yang pas banget, saya sebut itu keren.
  • Saat saya melihat seorang pemuda memberikan tempat duduknya di bis kota untuk nenek tua, saya anggap itu keren.
  • Saat saya melihat seorang cewek dengan dandanan ala bintang film, baju gemerlap yang pas banget di badannya dan tidak terlihat norak, di sebuah acara pemakaman. Saya anggap itu ga keren. Itu cewek mau melayat atau fashion show?
sumber: kespost.blogspot.com

sumber: kespost.blogspot.com

Dah ngerti definisi keren menurut saya? Ngga? Tenang, saya sendiri juga ga ngerti kok. Begitu juga saat bewe ke blog tetangga, tulisan yang sebut keren itu bisa berupa tulisan nyastra yang menghanyutkan, ataupun sebuah tulisan galau sederhana yang bikin makjleb di hati. Ga ada kriteria khusus untuk menjadi keren. Keren adalah sebuah kebebasan.

(akhirnya setelah belibet nulis kesana-kemari, pangsit itu pun datang)

Yap, Blogger yang keren itu adalah blogger yang bebas mengekspresikan dirinya. Tentu bebas yang bertanggung jawab dan tahu diri. Tidak sembarang nyeplos yang ujung-ujungnya malah bikin orang lain sakit hati. Blogger yang keren itu tahu cara mengungkapkan pendapatnya dengan baik. Walaupun opini kita baik dan benar, tapi kalau cara penyampaiannya ga tepat opini itu tentu ga akan “sampai” sasaran. Blogger yang keren tentu tahu cara mengemas tulisannya dengan baik sehingga orang lain berminat untuk membacanya. Dan dari  tulisan itu dia bisa menyampaikan maksud dan tujuannya.

Dan tentu saja blogger yang keren itu adalah blogger yang konsisten. Konsisten di sini bukan berarti harus posting tiap hari. Seorang blogger yang produktif tidaklah keren kalau tulisan-tulisannya hanya tulisan kosong atau hasil kopasan kasar. Konsisten yang saya maksud adalah atas dengan apa yang ditulisnya, jadi tulisannya bukan hanya basa-basi dalam deretan huruf virtual aja, tapi dia juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Percuma dong dia tulis tentang buang sampah ke tempatnya kalau dia sendiri buang bungkus permen sembarangan.

Lalu blogger yang pintar itu bagaimana?

sumber: ismailfahmi.org

sumber: ismailfahmi.org

Aduh, kayaknya saya salah kasih penjelasan nih, harusnya pinter dulu baru keren. Soalnya kalau seorang blogger itu udah pinter dengan otomatis dia menjadi keren, karena menurut saya blogger yang pintar itu adalah blogger yang sanggup memikat pembaca agar membaca tulisannya dari awal hingga akhir. Blogger yang pintar tahu di mana dia menempatkan gambar dalam tulisannya, atau menyusun kalimat agar tidak membosankan, maupun mengakhiri tulisan dengan bijak.

Satu lagi, blogger pintar itu ga pernah kehabisan ide. Kok bisa? Ya iyalah, karena dia bisa menjadi hal-hal seremeh apapun menjadi tulisan yang menarik, dengan menengok sekelilingnya saja, liat meja kursi bergelimpangan (ini habis ngapain coba?) dia udah bisa dapat inspirasi..

Demikianlah pendapat saya tentang blogger keren dan pintar.

Apakah saya termasuk salah satunya? Tentu saja belum, tapi saya akan mencoba bersama Kakaakin untuk menjadi blogger yang keren dan pintar, ya kan kak?

“Artikel ini disertakan pada Cool and Smart Blogger Giveaway yang diadakan oleh KakaAkin”

23 pemikiran pada “Keren dan pintar ituuuu….

  1. cool!! keren!!
    saya suka bagian soal konsistensi itu, si blog ceritanya A ehh begitu ketemu kopdar ceritanya jadi Z hihihi
    sukses Mel kontesnya😀

    A ke Z, wah jauh sekali.. makasih😀

  2. Setuju Amel…keren adalah kebebasan🙂

    dan menurut aku blognya Amel memenuhi kriteria cool and smart ^^d. Salam

    huaaa, jadi terharuuuuuu *ambil tisu*

  3. Ya, keren memang subjektif sekali ya Mel. Dan seperti mode, pengertiannya sepertinya juga turut berubah seiring berlalunya waktu😛

    tepat sekali.. baju keren versi kak zilko dan amel pasti beda.. haha

  4. Keren dan pintar adalah memegang kebab di tangan kanan sementara tangan kiri menggerakan tetikus dan memainkan kursor di angka-angka pada Pengolah Data sementara ponsel tergeletak dengan loadspeaker mode on dan seorang klien berada di ujung sambungan telepon. Persis seperti yang kulakukan barusan.😀

    lha.. katanya sakiiit.. kok masih ngelayanin klien seh

  5. Kalau menurut saya, Amela adalah blogger yang smart. Tulisannya ringan mengalir tapi isinya juga oke punya. *aku nggak berusaha ngerayu lho Mel*

    huaaa, makasih bli *tersipu

  6. Ide sih ada dimana-mana, Mel…
    Keseringan sih kok kita gak mood buat nulisnya😀
    *curcol

    Terima kasih sudah ikutan pada “Cool and Smart Blogger Giveaway”
    Sudah dicatat sebagai peserta🙂

    nah itu masalahnya kak. hahaha

  7. Blogger yg keren adalah blogger yg bisa bersikap pintar
    Blogger yg pintar adalah blogger yg bisa bersikap keren

    Lho?

    itu dia maksud saya😛

  8. Bogger yang keren itu adalah blogger low profile, gak suka pamer dan tulisannya tidak mencederai pembaca🙂

    Amel juga termasuk blogger keren kok nurut saya

    aaaaaaah.. jadi malyuh😳

  9. blogger yang pintar itu adalah blogger yang sanggup memikat pembaca agar membaca tulisannya dari awal hingga akhir. Blogger yang pintar tahu di mana dia menempatkan gambar dalam tulisannya, atau menyusun kalimat agar tidak membosankan, maupun mengakhiri tulisan dengan bijak.

    Bener-bener-bener banget! Cuma sedikit blogger yang saya tahu sekarang yang tiap tulisannya bisa memberi efek seperti ini… kebanyakan cuma keren di awal-awal, tengah-tengah kehilangan tenaga, terus pas akhir kembali bagus. Jadinya yang tengah ter-skip deh! Hehehe… semoga semakin banyak blogger Indonesia yang termasuk ‘blogger pintar’!:mrgreen:

    amiiiin😀 yuk sama2 berusaha menjadi blogger pinter

  10. ok lu termasuk blogger yang cool dan smart kok buat gua… makanya gua selalu baca. hehehe.

    HUaaaa,.. *jejingkrakan* *kegirangan* *cubit2 pipi emma* #eh

  11. dirimu termasuk blogger keren loooh.. menurutku yaaah.. ^__^

    semoga menang giveawaynya..😀

    huaaa. terharu lagi. makasih mbak bebe😀

  12. w

    aduh.. berarti aku blm pinter neh mel.. soalnya masih sering kehabisan ide postingan.. *merenung*
    yuk sama2 belajar mbak niee

    • pin art kamu berapa Mel?😉
      ah … komen saya masih ngelantur …😉
      kebanyakan lihat pohon sawit 😛

      hahahah… minum dulu mas, minum dulu😀

  13. Hmmm…… keren…, Selamt mengikuti lomba, moga jadi juara, atau paling tidak dibaca banyak pengunjung…..
    Nice blog… TQ

    makasih atas doanya pak guru😀

  14. dengan menengok sekelilingnya saja, liat meja kursi bergelimpangan (ini habis ngapain coba?) dia udah bisa dapat inspirasi..
    —————————
    Saya suka tulisan yg ini…… dulu saya suka mendapatkan ide dari hal2 tersebut…namun semakin bertambahnya umur pola pikirnya jadi nambah berat..sehingga hal2 yg seperti itu jadi terlewat begitu saja…wekekekeke

Anda Komentar, Saya Senang

