Ayo Ngeblog: Aku jadi punya banyak teman :D

Sejak kapan saya ngeblog? sejak SMA, tapi itupun blog musiman yang setelah satu-dua kali posting lalu ditinggalkan. Saya mulai ngeblog rutin waktu kuliah, di duniasitomel.blogspot.com, tapi saya baru jadi blogger aktif ya di Dunia Pagi ini.

Sebelumnya saya ga kenal itu yang namanya blogwalking, saya ngeblog ya cuma buat muntahin isi otak saya yang berjejalan. Tapi lambat laun saya sadar, kalau meninggalkan komentar di blog orang, orang tersebut cenderung akan mengunjungi balik ke blog kita, kalau ga salah ingat blogger yang memperkenalkan ritual bewe ke saya ada Asop dan Mas Brur.

Setelah itu, saya pun mulai meninggalkan komentar di mana-mana, awalnya sih memang untuk mengundang pengunjung ke Dunia Pagi, lama-lama jadi kebiasaan, hiburan tersendiri di waktu senggang. Nah, buat beberapa teman yang kapan hari tanya gimana caranya biar blognya rame: Rajin-rajinlah main ke blog orang, berkomentarlah, tapi tentu saja komentar yang berkaitan dengan postingan, bukan hanya sekedar: tinggalkan jejak di sini, ditunggu kunjungan baliknya.

Saya jadi ketagihan blogwalking sejak itu, seru aja bisa membaca berbagai artikel, pengalaman, maupun galauan orang lain, meski saya tidak mengenal langsung orang-orang tersebut. Membaca postingan blog seseorang itu lebih ringan daripada harus membaca buku, tapi manfaatnya sama: menambah pengalaman kita tanpa harus mengalaminya sendiri. Saya ga perlu jauh-jauh ke LA, Belanda, Jerman, Sumatra, Kalimanta, Papua, Lombok, dan …. buat tahu kehidupan di sana, blogwalking aja udah cukup.

Dari blogwalking pun saya dapat banyak teman, yang walau jauh di mata, tidak kenal secara langsung, tapi dekat di hati. Pinginnya sih sebutin satu-satu, tapi banyaaak banget je. Di saat posting galau, biasanya galau saya berlalu setelah membaca komentar-komentar teman saya. Di saat sedang bimbang, saya mendapat banyak saran dari blogger lain.

Setelah menambah teman maya saya melalui blog. Saya pun mulai mengenal istilah kopi darat, yap bertemu dengan teman-teman maya di dunia nyata. Dan jujur, itu seru banget lho, saat ini saya baru sukses kopdar bersama Ning dan Mama Rani sekeluarga.

Yap, gara-gara bloglah saya jadi punya teman seumuran buat diajakin ngobrol tentang apa saja di Baubau, kota penempatan saya sekarang. Gara-gara blog juga lah ada yang bersedia jemput dan ngajakin saya muter-muter di Makassar waktu deel kemarin. Padahal saya baru bertemu dua blogger imut tersebut saat kopdar, selama ini mengenal mereka hanya sebatas tegur sapa di ranah blogger, tapi mereka sangat welcome dan menganggap saya seperti teman lama. *terharu*

Dari bloglah, saya mendapat banyak sekali teman, dari berbagai ras, suku bangsa, profesi, dan domisili. Berteman dengan berbagai macam orang itu benar-benar dapat memperluas cara pikir kita, saya telah membuktikan.

Dan tentu saja saya masih merencanakan kopdar-kopdar berikutnya jika ada kesempatan, tentu akan sangat menyenangkan bertemu dengan sahabat-sahabat maya saya di dunia nyata, mengenal mereka lebih dekat lagi. Ada yang mau kopdaran sama saya?

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamuโ€ฆ??!! pada blog duniamuam

39 pemikiran pada “Ayo Ngeblog: Aku jadi punya banyak teman :D

  1. aih, terharu..
    ada yang sebut2 nama saya :’)

    ayo mel, jalan2 lagi ke Makassar!
    hari ini tayang perdananya Hafalan Shalat Delisa lho ;D

  2. Dengan nge-blog saya bisa punya tempat untuk berbagi..

    Eh, mba’ Amel..Ada sesuatu di Kopiah Putih spesial buat mba’..
    Ditunggu ya..

    Sukses buat kontesnya.!

  3. Ada rencana kopdar di Bali gak? [clingak clinguk].

    Perjalanan ngeblog Amela serupa dgn saya. Ngeblog membuat saya kenal banyak teman di dunia maya, termasuk Amela ini.

  4. Blogwalking… saya dulu mulainya gimana ya? Kaya’nya gara-gara ada temen saya yang punya blog, terus saya mulai ngunjungin blog dia, terus melanglangbuana deh kemana-mana, wkwk :mrgreen: Bener banget mbak, blogging membuat kita jadi punya banyak teman, dari berbagai warna pula. Nggak akan mungkin tanpa blogging saya bisa kenal sama seorang trainer, beberapa ibu-ibu muda, ahli IT, penulis hebat, dan mbak Amel. ๐Ÿ˜€

    Semoga sukses di kontesnya mbak, salam dari saya :mrgreen:

  5. Ya, dunia blog memang keren sekali ya. Bisa menambah teman sekaligus pengetahuan tanpa mengenal batas/limitation fisik ๐Ÿ™‚ Sekaligus blog juga bisa menjadi sarana menuangkan unek-unek.

  6. mel..nanti mampir ke Samarinda yah..hehehehehe..
    atau kamu mau ambil D-IV?…
    oke, kami catat sebagai peserta yah..
    terima kasih atas partisipasinya…
    ๐Ÿ™‚

  7. Saya belum pernah kopi darat. Kopi saya selalu dicampur air panas. ๐Ÿ˜›
    Dan bagi tukang poto keliling macam saya, BW itu bukan blogwalking, tapi Black and White alias foto hitam putih. Hehehe…. Selamat berkontes ria…..

  8. Dengan berbagai manfaat positif dari kegiatan blogging, semakin mantap saya menjadikan blogging sebagai kegiatan utama di dunia maya.

    Semoga kita sama-sama menang di kontes ini.

  9. Iya mel.. paling males.deh yg ninggalin komen dengan: kunjungan.balik.ya.. euh..

    Kalau aku inget bener yg mulai rutin bw semenjak mas arman sering komen di blog aku.. hehehehe

  10. Dan akhirnya traffic kunjungan kamu meningkat pesat. ๐Ÿ˜†

    Nah, saya kalah dalam hal memulai ngeblog. Saya baru ngeblog tahun 2007 akhir. ๐Ÿ˜€

    Berkat ngeblog, saya jadi punya banyak kenalan dan teman. Kejutan pun menanti, karena banyak yang belum pernah saya kopdari. ๐Ÿ˜‰

  11. dulu aku ngeblog pertama di blogspot thun 2009,,berhubung cuman musiman nulisnya jadinya dihapus deh blognya,,tahun 2011 akhirnya pindahan di wp ๐Ÿ™‚

    kapan kita kopdar Mel? ๐Ÿ˜‰

  12. blognya keren gan.
    kemaren kemaren sempat mikir.mang apa gunanya ngeblog.
    ternyata asik juga ya. jangan lupa mampir ya gan!!!!
    ok makasih maju terus gan jangan musim musiman lagi ya gan!!!hehehe

Anda Komentar, Saya Senang

