Trik Berhitung ala Saya

Ini pengalaman pribadi saya, mengajari anak ibu saya alias Dita, adik bungsu saya, berhitung. Waktu itu Dita masih kelas 1 SD dan saya masih berseragam putih abu-abu. Dita datang pada saya, membawa buku PR matematikanya, dan mengadu kesulitan mengerjakannya.

Mengajar itu sungguh tidak mudah, perlu kesabaran ekstra besar, apalagi kalau yang diajari anak kecil, apalagi kalau anak kecil itu adik sendiri, bawaannya pingin jitak terus aja. Kalau ngajar anak tetangga kan biasanya sungkan sama orangtuanya, kalau adik sendiri, berasa punya hak buat main jitak. Belum lagi anak kecil itu gampang bosan, terutama kalau sang pengajar sama sekali tidak interaktif, seperti saya. Baca lebih lanjut

Televisi

Semalam, percakapan lewat telepon.

A: Mas, kemarin ibu suruh beli televisi

H: Ya udah beli sana, punya duit toh

A: Tapi kapan nontonnya? pulang kantor dah capek

H: Sabtu minggu kan bisa.

A: Bisa-bisa guling-guling nonton tivi seharian saya, ga nyuci ga nyetrika. Nonton film di laptop aja, bisa di pause, sering males buat nyuci, apalagi nonton tivi yang kejar tayang. Lagian acaranya sekarang ga ada yang bagus, palingan sinetron, reality show yang ga real, gosip.

H: Ya udah ga usah beli

A: Iya, sayang duitnya ih. Kalau cuma mau apdet berita lewat internet. Saya ga buth tivi. Buktinya bisa hidup tanpa tivi ini.

H: ….

A: Mas nanti kalau udah punya rumah sendiri mau beli tivi? Baca lebih lanjut

Haruskah di Jakarta?

Sebelum ada yang tanya ke mana es krimnya.. saya beritahukan dulu bahwa es krimnya saya sembunyikan di kulkas, biar ga ada yang nyuri πŸ˜›

Kalau saya sih, udah kebal sama isu penempatan, wong udah hampir empat bulan nasib saya sudah digariskan, penempatan di Baubau, Kota semerbak. Walau sempat jatuh bangun, toh ternyata terbukti saya bisa bertahan hidup, sehat walafiat dan curiganya malah tambah gendut aja. Tapi mungkin adik kelas saya yang baru aja wisuda tanggal 12 kemarin lah yang deg-degan tiap kali denger kata penempatan, sambil komat-kamit berdoa.

Sebagai lulusan STAN yang udah tanda tangan surat pernyataan bersedia ditempatkan di mana saja, saya tahu bener rasanya nungguin pengumuman penempatan itu. Mulai dari penempatan instansi sampai penempatan definitif.

Yang nantinya dapat instansi pusat (yang kantornya cuma di Jakarta) bisa bernafas lega untuk sementara. Kenapa sementara? Karena tidak menutup kemungkinan instansi tersebut membuka kantor vertikal di daerah nantinya. Bagi yang dapat instansi macam DJPB, DJP, DJKN, DJBC yang kantornya tersebar hampir ke seluruh pelosok Indonesia, deg-degannya diperpanjang sampai nanti ketok palu penempatan definitif.

Saya udah ngerasain deg-degan itu, komplit. Dan jujur, setahun ini pola pikir saya banyak berubah. Dari yang awalnya males banget penempatan Jakarta karena macet, panas, biaya hidup mahal, dan lain-lain. Hingga merindukan monas beserta seseorang yang mengais rezeki di sana.

Baca lebih lanjut

Jangan Biarkan Bumi Menangis

Sebelum nulis panjang lebar, mari kita simak lagu ini dulu yaaa.

Homogenic – Weeping Mother Earth

Itu lagu dari salah satu band Indie Indonesia, Homogenic namanya. Judul lagu itu sendiri Weeping Mother Earth (Ibu bumi menangis), liriknya sendiri kurang lebih begini: Baca lebih lanjut

Giveaway Suka-suka (Sticky Notes)

Bismillahirrohmanirrohim…

Setelah seminggu terakhir sempet maju-mundur serong kanan-kiri mau bikin giveaway,ga pede takut kagak ada yang ikutan, akhirnya saya putuskan buat ngelanjutin rencana. Kebetulan sekali kemarin saya baru dapat rezeki tambahan, jadi kayaknya emang udah jatahnya saya bagi-bagi πŸ˜€

Hem, apa ya.. Giveaway ini ga dalam rangka apa-apa sih, cuma pingin aja ikutan bikin kontes-kontesan. hehhe. Dan ini pertama kalinya saya bikin giveaway macam begini (biasanya saya ikutan punya orang), makanya bingung mau bikin sambutan apa.. langsung aja kali ya..

Ketentuan Umum

  1. Karya yang diikutkan merupakan hasil karya sendiri, ditulis di blog masing-masing (ya iyalah, masak di blog orang), pake huruf latin normal 8uk4n pAkhE huruf 4Lay.
  2. Panjang karya bebas, pake bahasa Indonesia yang mudah dicerna, kalau ada istilah/kosakata yang ga umum dikasih penjelasan..
  3. Tidak menyinggung SARA maupun SARU
  4. Oh iya,, satu orang blogger bisa ikutan dua ketiga kategori itu kok, masing-masing kategori satu postingan tapi yaa.. πŸ˜€

Giveaway ini saya bagi jadi dua tiga kategori deh.. Baca lebih lanjut