Pingin Kuliah Lagi

Akhir-akhir ini saya suka cerewet sama si Om genit. Tapi cerewet dengan maksud baik nih lho, ngingetin legalisir transkrip nilai, ngingetin udah daftar kuliah belum, hampir tiap hari saya tanyain terus, sampe bosen dengernya kali ya si Om, hehehe.

Jadi nih ya, kebetulan instansinya si Om ga melarang pegawainya buat langsung kuliah lagi dengan biaya sendiri. Maklum, STAN kan D3, sayang kan kalau ga dilanjutin, minimal S1 biar naik golongan. Ga kaya instansi saya yang mesti nunggu 2 tahun dari CPNS buat kuliah lagi, kalau pingin beasiswa malah nunggu 2 tahun setelah PNS. Jadi sayanya masih belum kuliah, hiks.

Karena saya sendiri mesti bersabar dulu buat kuliah lagi, jadinya si Om lah yang saya uber-uber biar mau kuliah lagi. Secara, si om udah berumur, tahun ini udah 23 tuh umurnya, makin tua nanti makin males kan. Hehehe. Yah, walau sebenarnya bukan faktor usia yang bikin saya semangat mendukung si Om kuliah, lebih cenderung karena faktor ekonomis sih. Hohohoh *senyumlicik* Yah kan perencanaan keuangan masa depan tho, begitu saya udah bisa kuliah lagi, minimal si om udah hampir selesai kuliahnya. Jadi lebih hemat waktu dan pikiran kan? Bisa menghindari penumpukan stres nantinya, ga lucu kalo sama-sama stres nyusun skripsi nanti. Cukuplah pengalaman sama-sama stres nyusun KTTA yang menghiasi sejarah hiduo kami,.

Eh, tapi dasarnya si Om ini orangnya males ribet dan kelewat nyante, sampe sekarang masih ntar2 kalau ditanya udah daftar belum. Rencananya kan si om mau kuliah di Universitas Terbuka, biar ga ganggu jadwal kerja. Pas mau daftar eh baru ketahuan kalau fotokopi transkrip nilainya ga bagus, ada tulisan yang ga kebaca, jadi mesti legalisir lagi. Dan sampai sekarang belum diambil lagi sama orangnya. Duh,, ni om-om satu emang kebangetan nyantenya. Padahal kalau ga salah (ya bener dong!) akhir bulan ini dah ditutup pendaftarannya.

S: Keburu ditutup nanti pendaftarannya!

O: Ya udah tahun depan aja kan bisa..

Nah, ujung-ujungnya dah males lagi kan orangnya. Padahal ceweknya yang imut dan merantau ke Baubau ini pingin banget kuliah lagi, mumpung masih ga luntur itu hafalan rumus-rumus akuntansi. Saya merindukan malam-malam hening yang saya habiskan untuk belajar, soalnya masih banyak yang belum saya tahu dan mesti dipelajari lagi #halah. Daaan, saya itu orang yang ga belajar kalau ga ada ujian. Jadi saya perlu kuliah yang notabene pasti ada ujiannya untuk “memaksa” diri saya belajar, #maksa

Bingung baca tulisan ini?

Sama. Yang nulis juga bingung.

Tapi saya lebihΒ  memilih ngelanjutin kuliah ekstensi atau sekalian ngambil beasiswa biar bisa bali ke Jawa. Soalnya yang paling ngangenin dari masa-masa kuliah itu adalah kehidupan kampusnya. Mahasiswa-mahasiswanya, organisasinya, event-eventnya, idealismenya, kreatifitasnya. Ah, saya rindu banget atmosfer kampus, banget banget deh pokoknya. Makanya ga seru kalau kuliahnya jarak jauh, minim tatap muka, dan jarang ngampus.

Sampai sekarang masih bingung sih, ambil estensi 1,5 tahun lagi denganΒ  biaya sendiri. Resikonya ya capek karena harus kerja sambil kuliah, kuliah sambil kerja. Selain itu ga terlalu banyak pilihan Universitas di sini. Tapi bisa lebih cepat selesai, lebih cepat naik golongan walau masih ada ujiannya lagi, dan kagak nambahin utang kerja ke negara.

Atau.

Nunggu program beasiswa internal sekitar 2,5 tahun lagi, kemungkinan bisa ke Jakarta atau minimal ke Jawa lah, bisa menghemat jatah mutasi ikut suami. Bisa fokus kuliah, dibayarin negara lagi. Selain itu urusan kenaikan golongan dll langsung diurus bagian Kepegawaian. Tapi ya resikonya mesti nunggu lebih lama lagi, belum tentu dapet karena saingannya banyak banget, dan tanggungan wajib kerja saya bakal nambah 7 tahun.

Hufft

Sekedar info, instansi saya membatasi pegawai wanitanya mengajukan mutasi ikut suami hanya dua kali, jika suaminya beda instansi. Kalau sama-sama satu instansi suami-istri otomatis mutasi bareng dengan catatan salah satu mengalah dalam karir (biasanya pihak istri yang ngalah). Kelebihan instansi saya ya suami-istri bisa sekantor. Tapi berhubung calon suami saya (si om genit) beda instansi dengan saya, ya berarti saya bisanya minta ikut 2 kali (secara teori).

Nah, kalau perencanaan karir versi saya. Tahun depan saya langsung minta ikut selain belum tentu disetujuin juga mengurangi jatah 1 kali, nah kalau 3-4 tahun lagi si om di mutasi kan jatah saya habis dong berarti. Kalau saya bisa dapet beasiswa (amin) ke Jakarta (amin lagi) kan saya bisa menghemat jatah mutasi. Estimasi saya lulus kuliah si om mutasi, saya minta ikut, masih ada 1 kali jatah saya.

Aaah, pusing kan? Pusing emang bikin planning itu, yang entah kenapa setahun terakhir ini hidup saya penuh planning. Ini baru mutusin mau kuliah di mana. Belum nanti mutusin mau lanjut jadi wanita karir atau berhenti dan kerja di rumah aja kalau nanti utang kerja saya ke negara udah lunas.

Kalau segi keuntungan sih emang lebih enak ambil beasiswa kali ya. Tapi kok ego saya masih enggan dapat gelar S1 dengan usia setahun lebih tua ya?

Kalau menurut blogger yang lain, lebih baik saya milih yang mana nih? Kuliah sendiri atau ambil beasiswa?

(Kalau ada curhat galau yang terselip di sini, mohon maap)

Niatnya mau curhat betapa terlalu nyantenya si om + betapa kangennya saya sama suasana kuliah. Eh malah nyelip uneg-uneg galau yang udah dari dulu menggalaukan hati saya #hasyah.. Harap maklum ya πŸ˜›

10 pemikiran pada “Pingin Kuliah Lagi

  1. sama meeellll…
    aku juga pengen kuliah lagi hiks..
    birokrasi ribet..

    tapi bedanya aku masih mikirin diri sendiri dulu..gak ada om2an..hhe..
    yuk ah semangat!!

    Mel: Yuuuk Riz, kuliah lagi.. Iya, nasib jadi (C)PNS heheh.. Semangka!!

  2. bener mba,, makin berumur makin malessss buat makan bangku kuliah… hahahah
    ayo2 mumpung masih pada muda2… *berasa jadi tuwa banget saya.. hahahaha

    selamat mba, karena menang lho mba di giveawaynya mas jier.. πŸ˜€

    Mel: Tapi ya mesti bersabar dulu nih mas sama birokrasi.. Wah, saya malah baru tahu,, tadi pas mampir ke tempat Mas Jier masih sepi.. Makasih ya mas πŸ˜€

  3. beasiswa aja. Gratis πŸ˜€ Dulu aku mau kuliah lagi, tapi berhubung di universitas yg dimauin ga ada jurusan yg tepat, ga jadi deh..

    Mel: Hem,, pinginnya sih begitu mbak. moga aja saya bisa lulus tesnya ya mbak,,

  4. ikutan bingung mbak milih beasiswa atau biaya sendiri.

    Tapi yang mana saja, yang penting mbak-nya enjoy dalam melakukannya saya rasa itulah yang terbaik. Jika harus nunggu 2,5 lagi ditambah masa bhakti kerja selama 7 tahun, itu patut dijadikan perhitungan tersendiri. Terlebih mbak sudah mempunyai suami.

    Mel: Haduh jadi malu,, masih calon suami mas.. nikahnya insyaAllah masih tahun depan.. nah itu tadi mas,, saya beratnya di waktu..

  5. Wah, Wah…
    Mesti ngambil keputusan dari hasil pemikiran panjang…
    Ning juga gak bisa bilang apa2…
    Soalnya bingung… Hehehe…
    Masing2 punya konsekuensi yang berbeda…

    Yg penting, Ning doa’in aja. Semoga pilihannya Amel bisa menjadi yg terbaik buat Amel…

    Semangat. semangat… πŸ™‚

    Mel: Amiin, makasih doanya ya Ning.. Masih banyak waktu untuk berpikir..

  6. Hehe.. aku jug apengen kuliah lagi…
    tapi gak ada dananya, karna pemerintah ngasih bantuan dikit doang 😦
    Sabar ya… semoga bakalan nggak LDR sama si Om…
    Jadi ingat suami temanku yang lagi di tempatkan di Papua…

    Mel: Amiiin.. πŸ˜€ makasih doanya mbak.. iya,, sebenarnya banyak teman senasib sih mbak,, tapi ya gitu, tetep berat rasanya

  7. Kalau saya …
    Jelas cari bea siswa …

    Mengenai planning yang lain …
    biar waktu yang menentukan … enjoy saja …

    salam saya

    Mel: Iya om,, masih banyak kesempatan untuk mikir ulang

  8. Eh iya lho, ayah saya juga menyarankan saya ngambil S2 di UT (terbuka), karena tak merepotkan. πŸ˜€

    Eh, kalo bisa dapet beasiswa, mengapa harus bayar sendiri? :mrgreen:
    Saya seratus persen berharap kamu ngambil beasiswa aja. πŸ˜‰

    Mel: kalau sambil kerja emang enak UT.. cuma ga dapat feel kuliahnya nanti,,
    iya sih ya sop.. tpi y itu, lebih lama nunggunya, dan juga belum 100% pasti dapet,, saingannya pasti banyak soalnya

  9. wahh, sama. saya juga mupeng banget kuliah lageee, dgn satu syarat: gak mau swadaya, alias kudu beasiswa, hahaha. amiiiiiiiiiiiiiin πŸ˜›

    Mel: hahaha, iya sih ya.. kalau bisa dibayarin kenapa harus bayar sendiri. SEmangat mbak!!

  10. hihi..emang rencananya mau nikah tahun kapan? *gaknyambungsamapostingan..woyy! *biarin ;p

    Mel: Eeeerrr… insyaAllah tahun depan,, ga mau kalah sama mama Rani,. hehehe

Anda Komentar, Saya Senang

