Menjawab Tantangan Mas Jier

Kenal Mas Jier? Saya pun baru kenal sama orangnya, itupun sebatas berkunjung ke Ruang belajarnya Mas Jier. Mas Jier ini adalah salah satu orang yang beruntung dapat blog berbayar dari PakDhe Cholik , kalau penasaran silahkan mampir ke mari. Dan ternyagta Mas Jier ini ga menyia-nyiakan kesempatan, blog barunya sudah terisi banyak postingan.

Nah, dalam rangka tasyakuran nih, Mas Jier lagi mau bagi-bagi buku dengan main tebak-tebakan. Waktu SMP udah pernah diajarin persegi ajaib kan? Itu lho, kotak ukuran 3*3 yang diisi angka 1-9 kalau dijumlahkan baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal hasilnya akan sama. Nah, sekarang tebak-tebakan Mas Jier ini juga berupa persegi ajaib, tapi dengan ukuran 7*7.

Mungkin memang terlihat sulit menyelesaikannya, mesti menjumlahkannya satu-persatu, mencoba segala probabilitas.

Ah, bukan, bukan begitu, tanpa perlu menghitung-hitung, kita sudah bisa mengisi kotak ajaib itu, dengan mempelajari polanya. Ya, angka-angka itu memiliki pola unik, ada alurnya. Dulu waktu SD saya pernah diajarin sepupu saya, dan waktu SMP dapat pelajaran persegi ajaib itu, saya sukses jadi anak sok pintar dengan pamer kemampuan mengisi kotak berukuran 11*11. Saya sukses bikin teman-teman saya penasaran waktu itu.

Nah, ternyata kotak ini bukan sembarang kotak teka-teki, selain membuat kita tertantang olehnya, kita bisa mengambil beberapa pelajaran darinya.

Mengutip tulisan Mas Jier: “Penyusunan angka ini mengandung makna bahwa jika segala sesuatu ditempatkan pada tempat yang tepat, maka hasilnya pun akan tepat.” Contohnya ya waktu, kalau kita membagi waktu secara adil dan sesuai peruntukannya, insyaAllah hasil akhirnya pun akan memuaskan dan kita pun mendapatkan kehidupan yang seimbang di segala aspek.

Selain itu, melalui kotak ajaib ini kita juga belajar untuk cermat memperhatikan sesuatu, kalau kita belum menemukan polanya, kita pasti penasaran kan, berusaha menemukan benang merah bagaimana mengisi kotak ajaib itu. Nah saya harap ga cuma urusan dengan kotak ini saja kita berusaha peka membaca situasi, tapi juga dalam kehidupan sosial. Sebagai makhluk sosial kita itu harus peka terhadap orang lain, harus memperhatikan orang lain. Nah, kalau kita ga cermat dan menempatkan angkanya sembarangan, tentu kotak ini tidak terisi benar. Begitu juga dalam kehidupan. kalau kita sembarangan dalam bertindak, otomatis akan merusak tata nilai di masyarakat dong, merusak keseimbangan.

Hem, poin selanjutnya tentu saja adalah usaha dan pantang menyerah. Coba nih ya dibandingkan, kita berhasil menjawab kotak ajaib itu karena sudah dikasih tahu polanya dari awal dengan kita menjawab karena seharian ini sibuk melototin kotak ajaib itu. Beda kan rasanya? Sama-sama berhasil, tapi kepuasannya beda. Begitu juga dalam kehidupan, sesulit apa pun tantangannya kita harus tetap berusaha, berusaha, dan berusaha, jangan cepat menyerah. Minta bantuan orang lain memang tidak ada salahnya, tapi selama kita mampu menyelesaikan sendiri ya lebih baik kita selesaikan sendiri. Kalau kita memperoleh sesuatu dengan instan, ga bakal banyak yang bisa kita pelajari darinya.

Oh iya, berikut adalah penampakan kotak ajaib yang telah saya isi. Saya tidak akan membocorkan polanya sekarang, biar yang baca penasaran dan usaha. Mungkin sedikit hint saja. Angka 1 selalu di kotak paling tengah bagian tepi, pengisian angka selanjutnya itu selalu berarah diagonal, nah diagonal ke arah mananya itu yang perlu ditebak. Hem, coba perhatikan angka 1, 2, dan 8, kalau sudah bisa membaca polanya dari situ pasti bisa ngisi kelanjutannya deh.

Postingan ini ditulis untuk memeriahkan acara Tasyakuran dan Giveaway-nya Mas Jier

7 pemikiran pada “Menjawab Tantangan Mas Jier

  1. saya ngutak ngatik dari pagi mpe ashar mba… hahahaha
    tanya2 ke teman2 ga ada yg bisa ternyata, ya ws tek garap sendiri…

    sudah nyoba yg 99*99 mba? πŸ˜€

    Mel: Belum nyoba mas,, tapi insyaAllah bisa, kan polanya sama aja…

    • iya bener,,,
      coba deh mba, bikin yg kolomnya ganjil,, misal 4*4,, kalau bisa brarti ajaiblah.. hehehe

      Mel: genap kali maksudnya ya mas? sebenarnya yang genap juga ada polanya, cuma saya ga apal.. Kalau yang genap, jumlahnya yang sama cuma horisontal dan vertikal, yang diagonal beda jumlahnya..

  2. hahahahaha, kok saya lebih terarik dengan tantangan yang ke3 ya mel.. lebih seru memberi ulasan deh kayaknya.. πŸ˜€

    Mel: hahaha, silahkan Dhe, semoga sukses. kalau saya yang simpel aja dulu deh, lagi males bercuap2

  3. Terima kasih atas patisipasinya mbak
    Sudah langsung saya catat
    Salam Persahabatan dari Bandung

    Mel: Sama-sama mas πŸ˜€ Salam semerbak dari Baubau

  4. wah, kalau otak saya ngga nyampe ngerjain tantangan mas jir, tapi kalau kemarin tahu, pertama – tama saya akan memecahkannya dengan google dan wolfram alfa πŸ™‚

    hehe, dasar pemalas mikir saya πŸ˜€

    Mel: hahaha, kan yang penting jawabannya bener πŸ˜›

Anda Komentar, Saya Senang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s