Best Friend itu tidak pernah ada buat saya

Apakah anda berpikir saya kuper dan tidak punya teman saat membaca judul tulisan ini? Tidak. Saya tidak kuper dan saya punya banyak teman. Ini bukan sekedar pembelaan diri. Kalau tidak percaya silahkan cek akunsaya di situs jaringan sosial, dan mereka semua bukan hanya teman saya di dunia maya, sebagian besar saya kenal langsung orangnya. Jadi tulisan ini bukan sebuah curahan hati frustasi dari seorang yang terkucilkan. Justru karena saya aktif dalam kehidupan sosial dan dikelilingi orang-orang luar biasa, saya berkesimpulan bahwa best friend itu tidak pernah ada.

(Kenapa? Kenapa saya dengan semena-mena mengambil kesimpulan bahwa tidak seorangpun dari sekian banyak teman saya tidak ada yang layak menyandang status my best friend forever?)

Best friend sendiri bila diartikan dalam bahasa ibu kita maka artinya teman terbaik. Sedangkan menurut yang diajarkan bapak/ ibu guru bahasa indonesia awalan ter- pada sebuah kata sifat bermakna paling. Jadi Best friend= Teman PALING baik. Kata paling merupakan sebuah kata sifat yang sangat superior, yang menunjukkan posisi puncak, kenomorsatuan, hanya berhak disandang satu objek. Itulah kenapa di saat menyusun naskah pidato, bapak/ibu guru melarang kita menyapa hadirin dengan kata yang terhormat, karena hadirin sendiri bersifat jamak sedangkan awalan ter- bersifat tunggal. Jadi menurut saya best friend itu bersifat tunggal, hanya satu orang dalam hidup saya yang berhak menyandang gelar itu, satu orang yang tidak tertandingi kebaikannya di antara teman-teman saya yang lain.

(Sampai saat ini pendapat saya masih logis kan?)

Jadi kenapa saya tidak memilih satu orang super luar biasa untuk jadi teman terbaik seumur hidup saya? Karena saya tidak bisa memilih. Dan karena tidak ada satu pun orang yang konsisten berada di samping saya seumur hidup saya. Itulah kenapa teman-teman kita datang dan pergi, bertemu lalu berpisah. Saya tidak akan pernah memberikan gelar best friend pada seseorang hanya untuk digantikan orang lain beberapa tahun kemudian.

Bagi saya, best friend itu hanya satu sepanjang hidup saya. Selalu ada saat dibutuhkan. Datang dan tidak pernah pergi. Bertemu dan tak pernah berpisah. Sedangkan hidup itu terus bergerak saudara-saudara, tidak jalan di tempat. Kita sekolah, lulus, masuk sekolah baru bertemu orang-orang baru, lulus lagi, kuliah dan bertemu orang-orang dari berbagai daerah, lulus kerja, bertemu orang-orang yang lebih tua dan lebih muda, lalu kita mutasi menjadi orang baru di daerah yang jauh. Kita akan terus berpindah-pindah dari lingkungan yang satu ke yang lain. Banyak orang yang datang dan pergi, bertemu lalu berpisah.

Di tiap masa kehidupan kita, kita akan selalu dekat dengan orang-orang yang berbeda. Di tiap tempat yang pernah kita singgahi, kita akan memiliki teman-teman tersendiri. Mungkin waktu kuliah kita tidak suka pada seseorang, tapi siapa tahu saat kerja justru kita selalu makan siang bersamanya. Saat sekolah kita tak terpisahkan dengan teman sebangku, tapi setelah kuliah di tempat berbeda, terpisah jarak dan waktu, justru kita kehilangan kontak dengannya.

Itulah kenapa saya tidak memiliki teman terbaik. Saya tidak akan pernah memberikan gelar best friend pada seseorang hanya untuk digantikan orang lain beberapa tahun kemudian.

Yah, walaupun saya memang tidak punya best friend, tapi saya punya banyak sekali good friend, teman baik. Teman baik bukan sebuah gelar superior yang hanya bisa disandang satu orang. Teman baik bisa siapa saja, di mana saja, dalam masa hidup kita yang kapan saja. Teman baik dapat berbeda dari satu masa ke masa. Dia bisa teman sebangku waktu SMP, teman sekelas saat SMA, teman kos saat kuliah, teman kantor saat bekerja, tetangga sebelah rumah,. He/ She can be anywho.

Akan selalu ada orang yang menjadi teman baik kita. Dan walau telah terpisahkan oleh jarak dan waktu, mereka akan selalu menjadi bagian dari kisah kita, memiliki satu tempat tersendiri dalam hati kita, menjadi kenangan.

7 pemikiran pada “Best Friend itu tidak pernah ada buat saya

  1. bener juga ya, emang hidup itu selalu dinamis… kita akan bertemu orang orang yang berbeda tiap harinya… nais blog.

    Suka

  2. emang bener, oke aku punya banyak temen tp yg namanya best friend itu ga pernah ada saat susah ahahahaha,, yaa namanya aja temen ga bisa diandalkan, sodara aja kadang ga ada pas susah apalagi temen.. ya ga ya ga :p
    ga tau kalau sodara kamu – kamu . gimana, so org tua selalu ngajarin buat jangan suka bergantung sama org lain,

    Suka

Anda Komentar, Saya Senang

