Tentang Menulis

Dahulu, saat saya masih anak kecil polos yang penuh angan-angan, entah saat itu saya umur berapa dan kelas berapa, saya sempat bercita-cita untuk menjadi seorang pencerita, penulis, pengarang, pendongeng, apapun istilahnya. Waktu itu, saya sangat suka sekali menulis: puisi, cerpen, dan novel-novel yang tak pernah selesai. Mimpi itu terus tumbuh dan tumbuh dan tumbuh, hingga akhirnya saya semakin dewasa dan makin disibukkan dengan kegiatan-kegiatan saya, makin paham akan realita bahwa tidak semudah itu untuk bisa menjadi seorang  juru cerita.

Saya rasa, waktu itu, saya punya sedikit bakat dalam menulis, saya sempat bangga dengan tulisan-tulisan saya. Lagi-lagi waktu itu, saya sangat suka menulis, saya menulis tentang apapun kapanpun saya sempat. Hingga akhirnya semua kebiasaan itu memudar. Saya tidak ingat bagaimana prosesnya, tiba-tiba saja menulis menjadi sulit bagi saya. Saya semakin disibukkan dengan kuliah, organisasi, kepanitiaan, jalan-jalan, bergelut dengan dunia maya, main ngegame seharian, nonton, pacaran, ngobrol, dan kini bekerja. Saya semakin tidak sempat menulis.

Waktu kuliah, waktu punya laptop baru, saya sempat mengalami euforia menulis. Maka saya menulis. Sempat ada beberapa puisi yang saya nilai lumayan. Sempat ada beberapa cerita yang , walaupun dangkal, layak dibaca. Dan sempat lahir sebuah novel yang sampai sekarang tidak selesai, dan entah apakah akan menjadi tak terselesaikan.

Satu-satunya sarana menulis saya saat ini adalah blog ini. Saya ingin membuatnya hidup, kembali membangkitkan semangat menulis saya lewat Dunia pagi, tapi entah kenapa sulit sekali rasanya.

Oleh karena itu, saya selalu iri sekaligus kagum dengan orang-orang yang bisa konsisten menulis, dengan orang-orang yang mampu meniupkan sepercik nyawa pada tulisannya, pada orang-orang yang mampu terus menulis dalam hidupnya. Entah apakah saya mampu menjadi salah satu dari mereka, saya berusaha optimis, tapi tak cukup percaya diri

Anda Komentar, Saya Senang

