Cari Perhatian

Salahkah aku kalau aku ingin kamu mengerti tanpa aku berkata. Bukankah itu juga yang sering kamu lakukan padaku? Tak bisakah kau membaca perubahan sikapku? Tak bisakh kau pahami isyaratku? Tak bisakah kau mengerti bahwa ada yang sedang mengganggu hatiku? Aku hanya ingin kau bertanya. Dan bila aku masih tak mau menjawab, maka tanyakanlah lagi. Karena setiap pertanyaan itu akan menguatkan keyakinanku bahwa kau masih peduli padaku.

Kamu sudah berjanji untuk belajar dan memperbaiki diri, mencoba untuk lebih peka. Tapi kenapa untuk hal sesederhana ini pun kamu tak mengerti. Perlukah aku mengatakan semuanya terus terang? Tapi jika begitu maka kau tidak berusaha. Lalu apa yang akan membuatku yakin bahwa kau benar-benar peduli padaku?

Haruskah aku juga berkompromi dalam hal ini? Menerima kenyataan bahwa kau tak akan pernah (mencoba) membaca hatiku? Lalu seberapa banyak angan-angan yang harus kukubur? Mungkin aku memang orang yang terlalu banyak bermimpi. Tapi haruskah aku mengubur semuanya?

Aku hanya memintamu untuk mengerti saat aku butuh perhatianmu, tanpa perlu kuminta. Kau tahu bahwa aku tak suka memendam masalah berlarut-larut. Maka saat sikapku berubah, itu artinya aku ingin kita duduk dan berbicara, mencari jalan keluar. Aku sudah mengatakannya jelas-jelas padamu. Tapi tetap saja kau tak mau belajar.

Jadi apa yang harus aku lakukan? Apa yang membuatmu tak pernah mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi? Haruskah aku menyelesaikan semuanya sendiri?  Mencari jalan keluar (yang seringkali tak adil) sendiri? Menimbun semua masalahnya dan membiarkan semuanya terakumulasi?

Aku hanya ingin kau lebih memperhatikanku. Bukan setiap saat. Maka belajarlah mencari tahu saat yang tepat. Kalau kau tetap tak bisa (mencoba) mengerti, lalu apa gunanya dirimu?

Anda Komentar, Saya Senang

