Pinguin oh pinguin

“Saya pingin melihara pinguin” itu yang saya katakan pada cowok saya saat kami nonton Surf Up. Ya, bukan pingin melihara beneran sih, saya cukup sadar kalau keinginan itu ga bakal terwujud *walau nothing is imposible in this incredible world*. Emangnya pinguinnya mau dipelihara di mana? Mau dimasukin kulkas?

Yah, saya cuma iseng aja ngomong kayak gitu. Habisnya anak-anak pinguin di film itu lucu banget. Gemes, pingin meluk2, nyubit2, gigit2, injak2, potong2, goreng2, yah pada intinya saya gemes ma pinguin. Makanya sekarang saya mau nulis tentang pinguin.

Pinguin

Penguin adalah burung yang paling khas di antara burung air. Meski tidak dapat terbang , susunan tulang penguin sama dengan burung (aves). Di seluruh dunia terdapat 17 hingga 19 spesies penguin, tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies.

Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.

Penguin hidup dengan memakan hewan – hewan kecil yang ada di air , seperti Ikan , Cumi – cumi , atau Udang.Penguin dapat meminum air laut karena kelenjar supraorbital pada tubuhnya menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernafasan penguin.

Penguin pun memiliki masa pergantian bulu , dimana bulu – bulu lamanya akan rontok dan digantikan dengan bulu – bulu yang baru. Rontoknya bulu – bulu ini memakan waktu sebulan atau pun lebih . Semasa perontokan bulu tersebut, penguin sulit untuk mencari makanan dikarenakan bobot tubuhnya akan berkurang hingga 40 %.

Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.

Penguin memiliki pendengaran yang amat baik. Jika berada di daratan, penguin amat mengandalkan pendengarannya. Mata penguin beradaptasi untuk penglihatan bawah air dalam mencari makanan dan menghindar dari pemangsa. Kemampuan daya penciuman penguin hingga saat ini masih belum banyak diketahui dan membutuhkan penelitian lebih lanj

Tubuh penguin sangat sesuai untuk berenang dan hidup di air. Sayapnya merupakan pendayung dan tidak mampu untuk terbang. Di daratan penguin menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan.

Setiap penguin memiliki warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase.Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.

Do you know that:

Akan muncul suatu pertengkaran besar antar penguin jika seekor ibu penguin kehilangan anaknya (karena tidak bisa bertahan dalam badai besar atau dimakan oleh hewan pemangsa). Jika seekor anak hilang, maka ibu penguin akan “mencuri” seekor anak penguin dari ibu penguin yang lain. Menariknya, penguin-penguin betina lain dalam kelompok penguin tersebut tidak menyukai “pencurian” ini dan akan menolong dan “membela” ibu penguin yang anaknya dicuri.

Yah, cukup segitu aja deh informasi tentang pinguin yang bisa saya bagi. Itu pun hasil copast dari beberapa website.

Karena saya lagi suka ma pinguin, jadi botol minum saya yang baru juga saya kasih nama pinguin.. ahhahha…

*bukannya belajar buat ujian ASP, saya malah nulis blog geje kayak gini -.-a*

About these ads

Satu pemikiran pada “Pinguin oh pinguin

  1. Floyd can be the main team of writers for Purple – Stuff – TV.
    You’ll save a few pennies about the power bill and it will be pretty hard to hack a radio network that is not online. Ok, let’s change my
    life.

Anda Komentar, Saya Senang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s